Dalam Negeri

“Aku Berkah Kanggo Kowe”

Misa Raya Hari Anak Misioner ke-177


Hari Anak Misioner Sedunia diperingati tanggal 6 Januari. Dengan alasan pastoral-liturgis, pada tahun 1950 Paus Pius XII menetapkan Minggu 1 Januari sebagai Hari Anak Misioner Sedunia bertepatan dengan Hari Raya Penampakan Tuhan, hari dimana semua anak-anak misioner sedunia bersatu dalam semboyan Children Helping Children dan dalam semangat Doa, Derma, Kurban, dan Kesaksian (2D2K).

Untuk mewujudkan semangat menghadapi tantangan-tantangan tersebut, pendamping PIA (Pendampingan Iman Anak) dan PIR (Pendampingan Iman Remaja) Rayon Sleman dan Gunungkidul, Yogyakarta mengundang adik-adik PIA dan PIR paroki untuk mengikuti Misa Raya Hari Anak Misioner dengan tema “Aku Berkah Kanggo Kowe”.

Untuk Rayon Sleman, Misa Raya diselenggarakan di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan  pada Minggu, 5 Januari 2020, dihadiri 998 anak PIA-PIR, 26 Prompang (Promotor Panggilan) dari Kongregasi CB, AM, SCJ, PMY dan OP, serta 11 orang tim dari OMK Paroki Banteng, Medari, Kalasan, Warak, Medari, dan Brayut, serta Romo Fajar.

Acara dibuka dengan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Fajar.  Dalam homilinya, Romo Fajar mengajak PIA-PIR untuk menghayati misi sesuai usia masing-masing  dengan berdoa ketika makan, saat belajar bersama; berderma dengan menyisihkan uang saku; berkurban, bersaksi dengan cara sederhana, misalnya membuat tanda salib ketika makan di tempat umum.  Anak-anak dan remaja juga diajak  mendoakan niat baik teman-teman yang ingin menjadi biarawan-biarawati. Selain itu suster-suster yang hadir  diajak Rm Fajar untuk  mempersembahkan talenta  bagi adik-adik misioner.

Usai perayaan Ekaristi, anak-anak PIA-PIR yang hadir diajak berdinamika bersama suster, frater, dan bruder di sekitar area Seminari Kentungan. Acara Hari Anak Misioner (HAM) ditutup dengan doa arwah untuk para romo yang sudah menghadap Bapa di surga, dilanjutkan dengan ziarah ke makam romo-romo di kompleks Seminari Kentungan.

Sedangkan di Rayon Gunungkidul, acara Hari Anak Misioner diadakan di Paroki Santo Petrus Kanisius Wonosari, dihadiri kurang lebih 300 anak dan remaja. Acara diawali dengan Ekaristi, yang dipimpin oleh Rm. Irwan, SJ. Usai perayaan Ekaristi, acara HAM diisi dengan pentas seni menampilkan orkestra dari Hugo Violin pimpinan Bapak V. Udi P dari Paroki Kelor, dilanjutkan dengan persembahan tarian, dan nyanyian anak-anak dan remaja Paroki St .Yusup Bandung, Paroki St. Petrus Kanisius Wonosari, serta Paroki St. Petrus dan Paulus Kelor.

Sumber:
https://kevikepandiy.org/blog/tag/komisi-karya-misioner/

<<< Kembali ke Halaman Utama

Selanjutnya >>>