Mancanegara

Kampanye Solidaritas –

Membantu Para Pengungsi


Maputo (Agenzia Fides) – Kampanye Solidaritas Internasional meluncurkan program membantu “Cabo Delgado” mulai bulan Juli 2020.  Cabo Delgado adalah bagian Keuskupan Pemba, di Utara Mozambik, Afrika. Uskup Pemba, Yang Mulia Mgr. Luiz Fernando Lisboa, mengatakan bahwa kampanye solidaritas tumbuh karena semakin banyak orang yang menyadari apa yang terjadi di Cabo Delgado.

“Solidaritas dari individu dan kelompok tumbuh. Banyak orang yang mengorganisir diri menjadi kelompok-kelompok untuk membantu para korban krisis di Cabo Delgado,” kata Mgr. Lisboa. Melalui kampanye tersebut, berbagai kelompok telah menawarkan bantuan termasuk sekelompok wanita di Maputo, sekelompok anak muda nasional, kelompok pengusaha.

Keuskupan telah meluncurkan seruan untuk mengumpulkan makanan, pakaian, tikar, dan selimut untuk membantu ribuan pengungsi. Serangan pemberontak telah membuat lebih dari 250.000 keluarga mengungsi, mencari perlindungan di kabupaten lain di provinsi Cabo Delgado dan di provinsi tetangga Nampula dan Niassa.

Saat mempresentasikan kampanye, Mgr. Lisboa melaporkan bahwa inisiatif tersebut bertujuan untuk memperkuat tindakan aparat dan organisasi kemanusiaan lainnya dalam merespon krisis kemanusiaan.

“Tidak hanya para pengungsi yang berada dalam situasi yang sangat sulit, tetapi juga distrik-distrik yang menampung para pengungsi, keluarga-keluarga yang menyambut, pihak berwenang, singkatnya, seluruh provinsi Cabo Delgado telah terpengaruh. Dan mengapa tidak mengatakan bahwa seluruh negeri Mozambik yang terkena dampaknya. Kami pikir akan baik untuk meluncurkan kampanye di negara kami, di Keuskupan Pemba, untuk meningkatkan kesadaran di antara orang-orang Mozambik tentang situasi di Cabo Delgado,” kata Bapa Uskup Lisboa.

 (Agenzia Fides 18/9/2020)

<<< Kembali ke Halaman Utama

Selanjutnya >>>