Berjaga-jaga Senantiasa

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU 
LITURGI Th. C/I
2018-2019

PEKAN ADVEN I
Minggu, 02 Desember 2018
Yer. 33:14-16; 1Tes. 3:12 – 4:2; Luk. 21:25-28.34-36

Hari ini adalah permulaan masa Adven. Pesan Tuhan Yesus kepada para murid-Nya, dalam Injil hari ini, “Orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Oleh karena itu, jagalah dirimu!”

Masa Adven adalah masa penantian dan pengharapan akan kehadiran Yesus Sang Timur, Sang Emanuel. Ia datang dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dalam masa penantian itu, kita diajak untuk berjaga-jaga. Berjaga-jaga, apa? Berjaga-jaga dari godaan-godaan setan yang masuk melewati panca indera kita. Panca indera kita paling mudah dijadikan jalan masuk setan dan tipu dayanya untuk menggoda kita menjauh dari Tuhan. Godaan itu bisa hadir lewat mata atau telinga, penciuman atau pengecap dan sentuhan. Di samping itu, godaan bisa masuk melalui rasa/perasaan dan pikiran serta imajinasi kita.

Tuhan Yesus mengakhiri pesannya hari ini dengan berkata, “Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa!” Berharap dan berjaga-jaga tidaklah sekadar pasif menunggu, tetapi aktif bertindak. Berdoa itu hadir di hadirat Tuhan dan membiarkannya bertindak atas diri kita. Ini berarti aktif untuk hening, mengosongkan diri dari berbagai “pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi.”

Selamat memasuki masa Adven. Tuhan memberkati.

(RD.Markus Nur Widipranoto – Dirnas Karya Kepausan Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s