Motivasi Misionaris: Memuliakan Allah dengan Sukacita

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I
2018-2019

Kamis Pekan III Adven, 20 Desember 2018
Yesaya. 7:10-14 & Lukas. 1:26-38

Kerap kali kita diajak merenungkan Pengutusan Agung melalui Mat.28:16-20. Ada pengutusan yang lebih mendasar dalam bacaan Lukas hari ini, yaitu Lukas.1: 26-38. Dikatakan bahwa Sang Putera diutus untuk menjadi manusia. Pengutusan Terdalam tersebut menyebabkan timbulnya pengutusan malaikat. Dan komunikasi malaikat dengan Maria menyadarkan Maria, bahwa ia diutus menyambut Sang Sabda. Selanjutnya pengutusan Maria menyertakan pengutusan Yusuf dalam Keluarga Nazaret. Nas ini mengagumkan: sarat dengan pengutusan yang berlapis-lapis. Semua dilandasi oleh Roh Kudus yang menjadi “daya” atau “energeia” dalam tokoh-tokoh tersebut ketika mencermati pengutusan yang diemban masing-masing pribadi maupun bersama. Misi mereka terpadu dalam Pengutusan Sang Putera, baik dengan meliputi unsur-unsur keluarga, sejarah, kemasyarakatan, politis dan ditembus oleh Roh Allah sendiri. Allah Tritunggal memenuhi Perjanjian-Nya untuk menebus dosa Adam, sebagaimana disebut dalam Kitab Kejadian, setelah Adam berdosa.

Setelah pelbagai utusan dalam Perjanjian Lama dilibatkan, kini Sang Putera sendiri “diterjunkan” sebagai “misionaris lengkap” yang mencakup segala segi hidup manusia melalui “Korban Diri” habis-habisan. Mari bersama kita menyongsong datangnya Sang Utusan Agung, Yesus Kristus.

Setiap murid Kristus diutus untuk mewartakan Sang Kabar Baik, dalam peran apapun, waktu kapan pun dan dalam lingkungan mana pun. Syarat utama yang harus selalu dimiliki oleh seorang misionaris (murid Kristus) adalah: motivasi untuk selalu “Memuliakan Allah dengan sukacita.”

(RP.B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s