Anugerah Kegembiraan Ilahi

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I
2018-2019

Rabu Pekan III Adven, 19 Desember 2018
Hakim-hakim. 13:2-7, 24-25a & Lukas. 1:5-25

Sahabat-sahabat Tuhan yang terkasih,
Kita masih berada dalam Minggu ke-3 Adven yang disebut Gaudete, Minggu Sukacita. Bacaan-Bacaan suci selama minggu ini menampilkan alasan-alasan mengapa kita bersukacita termasuk kedua bacaaan hari ini.

Bacaan I dari Hakim-Hakim 13: 2-7, 24-24 menampilkan kisah kegembiraan yang dialami oleh keluarga Manoah dari Zora karena istrinya yang mandul akhirnya bisa melahirkan seorang anak laki-laki yakni Simson. Kisah yang sama terjadi pada keluarga Zakharia di mana Elisabet, istrinya yang mandul akhirnya melahirkan Yohanes Pembaptis.

Kisah-kisah tersebut ditampilkan di Minggu Gaudete guna meneguhkan kita bahwa Allah yang sama pasti menganugerahkan kegembiraan dan sukacita kepada kita juga. Karena Allah itu setia dan adil bagi semua anak-anak-Nya tanpa terkecuali. Yang dibutuhkan di sini adalah kemampuan ‘menangkap’ karya kasih Tuhan dalam hidup kita termasuk dalam situasi sulit dan tak berdaya lagi – impossible moments, sebagaimana dialami orang tua Simson dan Yohanes Pembaptis sebelum kelahiran mereka.

Kemampuan menyadari karya kasih Tuhan dalam hidup kita akan menumbuhkan keyakinan dan kegembiraan dalam jiwa kita bahwa Allah yang kita imani itu setia serta adil, dan pasti akan mendengarkan keluh kesah kita dan menolong kita pada waktunya menurut rancangan kehendak Tuhan. Semoga kita makin diteguhkan untuk terus menaruh harapan pada Tuhan.

Roh Penyelenggara Ilahi, tolonglah agar kami selalu mampu melihat karya Tuhan dan senantiasa bergembira karena iman kami akan Tuhan. Amin.

(RP. Dr.John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo-Leste)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s