Mari Berbagi Sukacita Natal

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I
2018-2019

Sabtu Pekan III Adven, 22 Desember 2018
1Sam. 1:24-28 & Luk. 1:46-56

Saudara-saudari,
Kalau kita dengar kata “kunjungan” apa yang terbersit dalam benak kita? Pasti ada bermacam-macam perasaan yang muncul, tetapi yang pasti ada perasaan sukacita. Apalagi jika yang datang berkunjung adalah orang yang penting, sahabat atau kenalan lama. Kita bukan hanya merasa senang tapi kita juga rindu untuk dikunjungi. Hari ini dalam bacaan injil kita mendengarkan bagaimana Maria mengunjungi Elisabet. Maria membawa kabar sukacita bagi Elisabet. Sukacita keselamatan karena Maria sedang mengandung sang Putera Allah.

Saudara-saudari terkasih,
Kidung Maria yang kita dengarkan sebenarnya merupakan luapan sukacita Maria karena Maria juga dikunjungi oleh Malaikat Gabriel yang membawa pesan dari Allah, bahwa ia akan mengandung sang Putera.

Tiga hari lagi kita juga akan mendapatkan kunjungan dari Sang Putera yang lahir dalam palungan. Kelahiran-Nya membawa sukacita di dalam keluarga kita. Apakah kita juga sudah berkunjung dan berbagi sukacita? Apakah kita sudah pernah menyambut kunjungan sahabat yang sedang berbeban berat atau mereka yang sedang bermasalah? Ataukah karena berbagai kesibukan kita tidak menjadi tuan rumah yang baik bagi mereka yang datang berkunjung?

Mari kita bersama-sama membuka hati, memberi ruang bagi mereka yang datang. Bagi siapa saja yang mengunjungi atau datang ke rumah kita, terlebih bagi mereka yang sedang berbeban. Terkadang rasa curiga dan kekhawatiran menutupi mata hati kita akan kehadiran sesama, sehingga kita tidak tahu bahwa mereka yang datang membutuhkan uluran tangan kita.

Masa persiapan Natal akan semakin penuh makna kalau kita berani keluar dari keterkungkungan hati kita, berani terbuka dan juga berani mengunjungi sesama untuk saling berbagi sukacita seperti halnya Maria yang mengunjungi Elisabet untuk berbagi suka cita. Semoga Allah menyertai perjalanan keluarga Anda dalam menyongsong kunjungan Sang Putera bersama Bunda Maria. Tuhan memberkati.

(RP. Paulus Dodot Kusworo, SCJ – Pastor Paroki St.Petrus Karang Senang, Keuskupan Timika)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s