Paus memberikan klinik baru untuk orang miskin dan peziarah saat Natal

Ambulatorio-Madre di Misericordia”, atau Klinik Bunda Belas kasih yang disediakan Paus ini yang berada di sekitar Lapangan Santo Petrus akan menyediakan layanan kesehatan dan pertolongan pertama bagi orang miskin, para tunawisma dan peziarah.

Paus Fransiskus telah memberikan klinik medis baru sebagai hadiah Natal bagi para tunawisma dan para peziarah yang didirikan tepat di sebelah barisan tiang-tiang Lapangan Santo Petrus di Vatikan.

Disebut “Ambulatorio-Madre di Misericordia”, atau Mother of Mercy Clinic, Klinik Bunda Belas kasih, klinik ini menggantikan pusat San Martino yang telah memberikan pertolongan pertama kepada para tunawisma sejak Februari 2016, dengan layanan tempat bersih diri dan tukang cukur yang ditambahkan baru-baru ini.

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Karya Amal Kepausan yang dikepalai oleh Kardinal Polandia Konrad Krajewski mengatakan bahwa inisiatif itu direncanakan dan diputuskan oleh Pemerintahan Negara Kota Vatikan dalam koordinasi dengan Departemen Kesehatan dan Kebersihan Vatikan.

Kunjungan dan tes medis
Bertempat di ruang kecil yang dulunya milik Kantor Pos Vatikan, Ambulatorio-Madre di Misericordia memiliki tiga kamar untuk pemeriksaan medis, sebuah kantor, dua kamar mandi, dan sebuah ruang tunggu. Kamar-kamar dilengkapi dengan peralatan dan mesin baru untuk pemeriksaan medis lengkap dan beberapa tes untuk pasien.

Klinik akan buka tiga kali seminggu – Senin, Kamis dan Sabtu. Seorang podiatris (spesialis kaki dan pergelangan kaki) akan tersedia pada hari Senin pagi. Klinik ini juga akan memberikan pertolongan pertama bagi para peziarah selama audiensi atau acara Vatikan di Lapangan dan Basilika Santo Petrus.

Layanan sukarela dan magang
Seluruh layanan disediakan oleh relawan dokter, spesialis dan tenaga kesehatan Vatikan, Universitas Tor Vergata Roma, “Associazione Medicina Solidale” Italia (Asosiasi Solidaritas Obat-obatan) dan Asosiasi Podiatris Italia.
Ambulatorio-Madre di Misericordia juga akan menyediakan magang untuk mahasiswa dan pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Tor Vergata.

Kejutan Paus
Pada kesempatan Hari Orang Miskin Sedunia, 18 November, didirikan sebuah pusat medis keliling darurat di Lapangan Santo Petrus, yang memungkinkan orang miskin dan yang membutuhkan datang untuk pemeriksaan gratis dan evaluasi dari dokter spesialis. Paus Fransiskus melakukan kunjungan kejutan ke klinik, seperti yang telah dilakukannya pada kesempatan yang sama di masa lalu, meluangkan waktu untuk berbicara dengan pasien dan staf sukarelawan di sana.

Gerakan Natal lain yang dilakukan Paus Fransiskus baru-baru ini adalah makan siang bersama orang miskin dan tuna wisma di kota Roma, Ostia, pada 18 Desember yang disediakan oleh polisi keuangan Italia, Guardia di Finanza, di Castelporziano dekat Ostia.

Photo gallery of the Ambulatorio-Madre di Misericordia clinic
Foto: Klinik “Ambulatorio-Madre di Misericordia”

22 Desember 2018
Oleh Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s