Paus Mengimbau Solidaritas Bagi Para Korban Bencana Indonesia

Paus Fransiskus telah mengeluarkan seruan kepada komunitas internasional untuk mendukung para korban tsunami yang menghancurkan di Indonesia.

Paus Fransiskus telah mengeluarkan seruan kepada komunitas internasional untuk mendukung para korban tsunami yang menghancurkan di Indonesia.
Tsunami yang melanda pada malam hari diyakini telah dipicu oleh letusan gunung berapi dan jumlah korban jiwa meningkat per jam dengan ratusan orang terluka dan puluhan hilang. Dikhawatirkan jumlah korban akan terus meningkat karena tidak semua wilayah yang terkena dampak telah terjangkau.

Saat berbicara kepada para peziarah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus pada Angelus Hari Minggu, Paus menyampaikan duka citanya kepada orang-orang Indonesia “yang telah dilanda serangkaian bencana alam yang hebat, yang telah menyebabkan banyak kematian, banyak orang hilang, banyak pemindahan dan kerusakan material yang cukup besar.”

Dia mengundang semua orang untuk berdoa bagi para korban dan orang-orang yang mereka cintai dan menyatakan belarasanya kepada mereka yang terkena dampak tragedi itu dengan mengatakan bahwa ia memohon penghiburan Tuhan dalam penderitaan mereka.

“Permohonan saya adalah agar saudara dan saudari ini tidak kekurangan solidaritas dari kita dan dukungan dari Komunitas Internasional,” katanya.

Menurut agen manajemen bencana Indonesia, jumlah korban meninggal saat ini adalah 222 dengan 843 terluka dan 28 hilang.

Gunung berapi yang meletus pada Sabtu malam itu terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera, menghubungkan Samudra Hindia dan Laut Jawa. Gunung meletus sekitar 24 menit sebelum tsunami yang disebabkan oleh tanah longsor bawah laut atau yang terjadi di atas permukaan laut di lereng luar gunung berapi yang curam setelah letusan.

23 Desember 2018
Oleh Linda Bordoni
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s