Misionaris Mengikuti Jejak Kristus

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I 2019

Jumat, 04 Januari 2019
1Yoh.3:7-10 & Yoh.1:35-42

Dalam sebuah tayangan televisi beberapa waktu yang lalu, saya menyaksikan seorang Ibu kristiani yang buta namun telah banyak membantu orang lain, memberdayakan mereka dengan keterampilan dan membuka lapangan pekerjaan. Ketika ditanya “Apakah tidak takut dianggap tindakannya tersebut sebagai Kristenisasi?” Ibu ini kemudian menjawab, “Saya tidak takut karena memang itu bukan tujuan saya. Sesungguhnya menjadi pengikut Kristus adalah sebuah panggilan. Mau dipaksakan bagaimana pun kalau bukan panggilan tidak akan terjadi.” Seketika semua hadirin di studio bertepuk tangan.

Bacaan hari ini secara khusus mengisahkan tentang panggilan para murid. Dua murid dari Yohanes terpanggil mengikuti Yesus ketika mereka melihat Yesus lewat dan Yohanes berkata, “Lihatlah Anak Domba Allah.” Kedua murid yang mendengar hal tersebut langsung pergi mengikuti Yesus. Salah seorang dari kedua murid tersebut bernama Andreas saudara Simon Petrus. Akhirnya Petrus juga ikut terpanggil ketika mendengar Andreas berkata, “Kami telah menemukan Mesias.”

Panggilan para murid ini yang kemudian mengikuti Yesus cukup sederhana. Hanya dengan mendengar kesaksian dari orang lain tentang Yesus, mereka kemudian menjadi pengikut Kristus yang setia. Kita sebagai orang Kristiani juga adalah orang-orang yang sudah terpanggil. Bukan hanya selesai sampai pada baptisan saja lalu kita memperoleh rahmat di angkat sebagai murid-murid-Nya. Seperti Yohanes dan Andreas yang memberi kesaksian tentang Yesus, kita semua juga dipanggil untuk memberi kesaksian tentang siapa Yesus.

Namun di tengah kemajemukan saat ini, tentu kesaksian berupa kata-kata dan mempengaruhi orang lain untuk mengikuti keyakinan kita tidak lagi relevan. Yang dapat kita lakukan adalah memberikan kesaksian tentang Yesus melalui cara hidup kita. Seperti Andreas yang mengikuti Yesus dan melihat di mana Yesus tinggal serta ikut tinggal bersama Yesus, kita diajak untuk semakin mengenal Yesus melalui Sabda-Nya.

Dengan demikian dari hari ke hari kita diharapkan semakin memantapkan panggilan hidup kita masing-masing sebagai pengikut Kristus yang berpikir seperti Kristus, berkata-kata seperti Kristus dan bertindak seperti Kristus. Maka, tanpa banyak kata melainkan tindakan konkret seperti yang Yesus kerjakan, setiap orang akan mengenali kita dan berkata, “dia adalah pengikut Kristus.”

(RD. Hendrik Palimbo – Pastor Paroki Deri Toraja, Keuskupan Agung Makassar)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.
Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:
Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:
Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:
Semoga umat di Keuskupan kami mendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s