Empat puluh “misionaris” terbunuh di seluruh dunia pada tahun 2018

Kantor berita Fides Vatikan telah mengeluarkan penghitungan tahunan “misionaris” dan pekerja pastoral yang terbunuh tahun lalu.

Selama tahun 2018, 40 “misionaris” dan pekerja pastoral tewas di seluruh dunia, hampir dua kali lipat dari 23 tahun sebelumnya, kantor berita Fides Vatikan melaporkan.

Hingga 2017, Amerika memimpin selama 8 tahun berturut-turut untuk jumlah misionaris terbunuh terbanyak. Pada 2018, Afrika berada di puncak daftar.

Data Fides menunjukkan bahwa dari 40 yang terbunuh, 35 adalah imam, 1 adalah seorang seminaris dan 4 orang awam. Afrika terhitung 21 kematian, dengan 19 Imam, seorang seminaris dan seorang wanita awam. Amerika Selatan berada di urutan kedua dengan angka 15, termasuk 12 imam dan 3 umat awam. Asia di urutan berikutnya dengan 3 imam dan 1 imam di Eropa.

“Misionaris” menurut “Evangelii Gaudium”
Fides menjelaskan bahwa mereka lebih suka menggunakan kata “misionaris” untuk mereka yang terbunuh, merujuk pada Anjuran Apostolik, “Evangelii Gaudium,” di mana Paus Fransiskus mengatakan bahwa “berdasarkan pembaptisan mereka, semua anggota Umat Allah telah menjadi murid-murid misionaris.” “Semua yang dibaptis, apa pun posisi mereka di Gereja atau tingkat panggilan iman mereka, adalah agen penginjilan dan hal tersebut tidak cukup untuk mengharapkan rencana penginjilan dilakukan oleh para profesional sementara sisanya dari umat beriman hanya akan menjadi penerima pasif,” kata Paus.

Inilah sebabnya mengapa daftar tahunan Fides tidak hanya memasukkan misionaris “ad gentes” dalam arti yang ketat, atau misionaris di tanah misi, tetapi juga semua yang dibaptis Gereja yang sedang sekarat dengan cara yang keji dan tidak sepenuhnya “dalam kebencian terhadap iman.”

Fides mengatakan bahwa banyak misionaris telah kehilangan nyawa mereka selama upaya penahanan dan perampokan, terkadang dalam keadaan kejam dalam konteks sosial yang miskin dan terdegradasi, di mana kekerasan mendominasi, dengan pihak berwenang tidak berdaya atau dilemahkan oleh korupsi dan kompromi, atau ketika agama disalahgunakan.

Fides lebih lanjut menjelaskan bahwa di mana-mana para imam, religius dan umat awam berbagi kehidupan sehari-hari yang sama dengan masyarakat awam, membawakan mereka kesaksian penginjilan tentang cinta dan pelayanan bagi semua, sebagai tanda harapan dan kedamaian, berusaha meringankan penderitaan kaum lemah dan mengangkat suara mereka untuk membela hak-hak mereka yang terinjak-injak, mengecam kejahatan dan ketidakadilan.

Daftar “misionaris” terbunuh pada 2018

AFRIKA – 19 imam, 1 seminaris, 1 umat awam
Nigeria (6)
– Pastor Joseph Gor dan Pastor Felix Tyolaha terbunuh dalam serangan para gembala / jihadis di desa Mbalom, di paroki Sant’Ignazio Ukpor-Mbalom, pada 24 April, saat misa pagi.
– Pastor Michael Akawu terbunuh pada 18 Agustus saat perampokan.
– Pastor Stephen Ekakabor meninggal pada tanggal 23 Agustus, sebagai akibat dari kerusakan otak yang serius yang terjadi setahun sebelumnya, pada tanggal 12 Februari 2017, pada saat perampokan.
– Pastor Jude Egbom ditembak mati selama perampokan pada 10 September di Umuwala, Negara Bagian Imo.
– Pastor Louis Odudu meninggal di penyakit nosokomial di Warri, Delta State pada 19 September, empat hari setelah ia berhasil melarikan diri dari tangan pembajaknya.

Republik Afrika Tengah (5)
– Pastor Joseph Désiré Angbabata, dari Keuskupan Bambari, terluka pada 22 Maret, selama serangan di parokinya oleh sebuah kelompok bersenjata dan meninggal tidak lama kemudian.
– Pastor Albert Toungoumale-Baba terbunuh di paroki Notre Dame de Fatima pada 1 Mei, selama serangan oleh kelompok bersenjata.
– Pastor Firmin Gbagoua, Vikaris Jenderal Keuskupan Bambari terbunuh pada 29 Juni oleh sekelompok pembunuh yang memasuki rumah uskup.
– Pastor Blaise Mada, Vikaris Jenderal Keuskupan Alindao dan Pastor Celestine Ngoumbango, pastor paroki Mingala, terbunuh dalam serangan di rumah uskup, tempat mereka berlindung dengan orang lain, pada 15 November.

Republik Demokratik Kongo (3)
– Thérese Deshade Kapangala, seorang wanita muda berusia 24 tahun, terbunuh pada 21 Januari di Kintambo, utara Kinshasa, selama penindasan militer yang keras.
– Pastor Florent Mbulanthie Tulantshiedi, dari Kongregasi Joséphis, ditemukan tewas pada 2 Maret di tepi Sungai Kasai.
– Pastor Etienne Nsengiyumva dari Keuskupan Goma dibunuh pada 8 April oleh seorang penjahat di Kichanga.

Kamerun (3)
– Pastor Alexandre Sob Nougi dari Keuskupan Buea ditembak pada 20 Juli, saat terjadi bentrokan antara militer dan separatis.
– Gérard Anjiangwe, seorang seminaris muda, dibunuh oleh sekelompok tentara pada 4 Oktober.
– Pastor Cosmas Omboto Ondari terbunuh oleh patroli militer pada 21 November di Kembong, beberapa kilometer dari Memfe.

Pantai Gading (1)
– Pastor Bernardin Brou Aka Daniel dari Keuskupan Abengourou terbunuh dalam perampokan jalanan pada 23 April.

Sudan Selatan (1)
– Pastor Victor Luke Odhiambo terluka parah pada 14 November, oleh sekelompok orang bersenjata yang menyerang komunitas Yesuit Cueibet, di Negara Bagian Gok.

Kenya (1)
– Pastor John Njoroge Muhia terbunuh pada 10 Desember ketika pergi ke bank di Kikuyu, untuk menyimpan persembahan dari umat beriman.

Malawi (1)
– Pastor Tony Mukomba, dari Keuskupan Agung Blantyre, meninggal pada 17 Januari setelah terluka parah oleh sekelompok penjahat pada minggu sebelumnya.

AMERICAS – 12 imam, 3 umat awam
Meksiko (7)
– Pastor Ivan Jaimes, dari Keuskupan Agung Acapulco, pastor paroki Las Vigas dan Pastor Germain Muniz Garcia, pastor paroki Mezcala tewas dalam serangan di negara bagian Guerrero, pada 5 Februari.
– Pastor Rubén Alcántara Díaz, vikaris yudisial Keuskupan Izcalli, dibunuh pada 18 April tak lama sebelum Misa.
– Pastor Juan Miguel Contreras García terbunuh pada 20 April di akhir Misa Kudus yang ia rayakan di paroki Tlajomulco, negara bagian Jalisco.
– Pastor Moisés Fabila Reyes, diculik pada 3 April dan tubuhnya yang tak bernyawa ditemukan pada 25 April di kota Cuernavaca, Morelos.
– Pastor Miguel Gerardo Flores Hernandez terbunuh pada tanggal 18 Agustus dan tubuhnya ditemukan pada tanggal 25 Agustus di sebidang tanah yang ditinggalkan di kota Nueva Italia, di negara bagian Michoacán.
– Pastor Ícmar Arturo Orta meninggal pada 11 Oktober dan tubuhnya ditemukan pada 13 Oktober di jalan Santa María, di distrik Sipil Ley del Servicio (Tijuana). Tangan dan kakinya diikat dengan tanda-tanda kekerasan.

Kolombia (2)
– Pastor Dagoberto Noguera Avendano, seorang mantan pastor, terbunuh pada 10 Maret di rumahnya di Santa Marta, mungkin selama upaya pencurian.
– Pastor John Fredy Garcia Jaramillo ditemukan tewas dengan luka tusuk pada 25 Juli di rumahnya di lingkungan Los Almendros di Betlehem, di barat daya Medellin.

Nikaragua (2)
– José Maltez, anggota Salesian Oratory, meninggal karena pukulan di dada pada 5 Juni di Granada, selama bentrokan antara geng dan kelompok pertahanan kota.
– Sandor Dolmus, seorang anak lelaki altar muda dari Katedral Leon, ditembak pada 14 Juni oleh paramiliter ketika berjalan dengan anak-anak lelaki lainnya di jalan.

Venezuela (1)
– Pastor Iraluis José Garcia Escobar, pastor paroki dari Nuestra Senora de Fatima di Keuskupan Agung Barquisimeto, terbunuh pada 9 Juli oleh penjahat selama upaya pencurian.

Ekuador (1)
– Pastor Arturo Rene Pozo Sampaz, pastor paroki San Juan, Quito, ditemukan pada 9 Oktober di dekat tempat tidurnya, dengan tangan dan kaki diikat.

El Salvador (1)
– Pastor Walter Osmin Vásquez, dari Keuskupan Santiago de Maria, ditembak mati pada 29 Maret ketika dalam perjalanan ke paroki Lolotique.

Peru (1)
– Pastor Carlos Riudavets Montes SJ ditemukan pada 10 Agustus diikat dan dengan tanda-tanda kekerasan, di komunitas asli Amazon Peru Yamakentsa.

ASIA – 3 imam
Filipina (2)
– Pastor Mark Ventura, yang bertanggung jawab atas stasiun misi San Isidro Labrador, ditembak mati pada tanggal 29 April.
– Pastor Richmond Nilo dibunuh pada 10 Juni oleh dua pembunuh bersenjata ketika dia bersiap untuk merayakan Misa malam di desa Mayamot, di Keuskupan Cabanatuan.

India (1)
– Pastor Xavier Thelakkat, seorang Imam dari Kerala, ditikam sampai mati pada 1 Maret oleh mantan sakristan Gereja Paroki Malayattoor, yang telah dipecat dari dinasnya tiga bulan sebelumnya.

EROPA – 1 imam
Jerman (1)
– Pastor Alain-Florent Gandoulou, seorang imam Kongo, imam komunitas Katolik berbahasa Prancis di Berlin, terbunuh pada 22 Februari, setelah terjadi pertengkaran hebat di kantornya. (Sumber: Fides)

04 Januari 2019
Oleh: Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s