Mengapa Alkitab Menjadi Buku Terlaris di Dunia

RENUNGAN HARIAN MISIONER & HARI MINGGU
LITURGI Th. C/I 2019

Sabtu, 19 Januari 2019
Ibr.4:12-16 & Mrk.2:13-17

Akhir tahun 2012 penulis James Chapman memberitakan hasil penelitiannya tentang buku yang paling banyak dijual dalam 50 tahun terakhir. Ternyata Alkitab menduduki urutan pertama dimana sebanyak 3,9 miliar copy terjual. Angka ini jauh melampui buku tentang “Kutipan Mao Tse-Tung” yang bertengger di urutan kedua di mana terjual 820 juta copy dan buku Harry Potter sebanyak 400 juta copy di urutan ketiga. Sudah pasti angka penjualan Alkitab makin bertambah hingga sekarang. Pihak penerbit Alkitab termasuk yang ada di Indonesia tentu tahu baik jumlah yang terjual sejauh ini.

Hasil penelitian tersebut meneguhkan kita bahwa Alkitab paling banyak dibaca karena buku ini penting bagi manusia. Kita semua tahu apa isinya dan peran Alkitab sebagai Kitab Kehidupan dalam hidup kita. Di sana kita menemukan aneka hikmat dan pelajaran kehidupan entah melalui wejangan maupun kisah-kisah yang sangat besar manfaatnya menuntun hidup kita.

Mahkota buku ini adalah isinya tentang Yesus, Sabda Allah yang hidup. Seluruh hidup, ajaran dan tindakan Yesus adalah manifestasi kebenaran dan kebaikan sejati yang dibutuhkan setiap orang. Injil hari ini turut membuktikan hal ini dimana Yesus menegaskan universalitas keselamatan bagi siapa saja yang mau terbuka menerima tawaran keselamatan Allah. Inilah satu dari begitu banyak ajaran luhur dalam Alkitab.

Keunikan sekaligus keistimewaan buku kehidupan ini yakni semakin kita membuka diri merenungkan dan mengamini isinya, kita makin dilebur dalam cahaya kebenarannya hingga akhirnya kita merasa bahwa sebenarnya hal-hal yang ditulis di dalamnya bukan lagi tulisan para penulis tetapi merupakan ekspresi pengakuan sekaligus kekaguman hati dan jiwa kita kepada Tuhan Sang Kebenaran dan Kebaikan sejati.

Hal ini membuat kita makin mencintai Sabda Tuhan dan menjadikannya sebagai pedoman hidup kita dalam segala situasi hidup yang kita alami karena kita sudah menemukan keampuhan daya bantuannya sebagaimana diungkapkan dalam bacaan pertama hari ini dari Ibrani 4:12: “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”

Semoga kita makin mencintai dan menjadikan Sabda Tuhan sebagai pedoman hidup kita sehingga kitapun semakin mengalami bantuan Tuhan melalui Sabda-Nya. Amin.

(RP.Dr.John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo-Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kaum muda dan Teladan Bunda Maria: Semoga kaum muda, terutama yang berada di Amerika Latin mau meneladani Bunda Maria dan menjawab panggilan Tuhan untuk menyampaikan kegembiraan Injil pada dunia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemimpin Agama: Semoga para pemimpin agama berani dengan tegas menolak segala bentuk usaha pribadi maupun kelompok masyarakat yang hendak menggunakan agama demi meraih kepentingan politik praktisnya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kamimendukung hasrat Sri Paus membangun damai dengan hikmat yang menguatkan tekad persaudaraan para pemimpin negara kami. Kami mohon…

 Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s