Maria “Gadis yang Tidak Eksis di Jejaring Sosial”

Berapa banyak kehidupan yang diubah oleh orang-orang rendah hati yang memberi pengaruh dari Allah
Paus mengatakan pada orang-orang muda dalam Vigili WYD (World Youth Day) di Metro Park bahwa kehidupan yang diberikan oleh Kristus kepada mereka yang mengikuti-Nya bukanlah keselamatan yang tergantung dari awan, juga bukan aplikasi yang dapat diunduh.

Paus Fransiskus tidak menggunakan komputer atau telepon pintar, tetapi seringkali ketika dia berbicara kepada orang-orang muda dia mencoba untuk memberitakan Injil menggunakan bahasa generasi digital. Ini juga terjadi pada Hari Kaum Muda Sedunia di Metro Park Panama, di hadapan lebih dari setengah juta anak muda. Paus menjelaskan bahwa kehidupan yang diberikan oleh Kristus kepada mereka yang mengikuti-Nya bukanlah keselamatan yang tergantung dari awan, atau aplikasi yang dapat diunduh. Dan dia mengingatkan bahwa inkarnasi dan penebusan dimungkinkan oleh sebuah kata “ya” dari seorang gadis dari Nazaret, yang “tidak muncul di jejaring sosial” pada waktu itu. Ia bukan seorang yang membawa pengaruh, tetapi tanpa hasrat menginginkan atau mencarinya, ia telah menjadi wanita yang memiliki pengaruh terbesar dalam sejarah. Paus Fransiskus memanggilnya Maria, “pemberi pengaruh” Tuhan. Seorang gadis yang dalam beberapa kata mampu mengatakan “ya” dan percaya pada janji-janji Allah, “satu-satunya kekuatan yang mampu membuat semua hal baru.”

Jadi, sekali lagi, kebalikan total dari logika manusia dan duniawi terwujud. Tuhan, Yang Mahakuasa, yang menjadi kecil seperti anak kecil dan seperti kita masing-masing, yang membutuhkan perawatan ayah dan ibu. Dia mewujudkan diri-Nya dalam kerendahan hati dan tersembunyi, jauh dari jangkauan sejarah, di jalur pinggir Kekaisaran Romawi. Tuhan menjelma berkat seorang gadis yang lahir dan besar di sebuah desa kecil, jauh dari surut dan mengalirnya sejarah besar. Dan tanpa menginginkan atau mencarinya, ia, yang bukan seorang pemberi pengaruh, memengaruhi sejarah manusia dengan cara yang belum pernah dilakukan atau pernah dilakukan makhluk mana pun. Itu adalah kebesaran luar biasa dari mereka yang kecil, kekuatan dari mereka yang lemah dan rapuh. Dalam gambar Maria, seorang pemberi pengaruh yang tidak pernah mencarinya, ada ajaran yang berharga untuk zaman kita yang lelah akan kebajikan, protagonisme dan keinginan untuk ditampilkan. Mereka yang benar-benar memengaruhi sejarah adalah mereka yang menyambut dan menjaga Injil dan tanpa terlihat membuat Injil itu tumbuh, sadar akan menjadi kecil dan berdosa dan hanya percaya pada pertolongan kasih karunia Allah.

Seperti Maria, para pemberi pengaruh sejarah adalah para ayah dan ibu dari keluarga yang, melalui kesaksian sehari-hari mereka, telah meneruskan iman Kristiani kepada anak-anak mereka dan tetangga mereka. Mereka adalah orang-orang muda yang memberikan diri mereka secara cuma-cuma, yang menunjukkan belas kasih dan kedekatan dengan yang paling kecil dan yang terbuang. Mereka adalah para imam yang menghabiskan waktu berjam-jam di ruang pengakuan dosa, menyambut dan menumpahkan rahmat pada luka dan drama dari begitu banyak wanita dan pria di zaman kita. Kita tidak akan pernah tahu berapa banyak pekerjaan baik yang telah dilakukan dalam sejarah Gereja, karena kita tidak akan pernah tahu berapa banyak tragedi yang telah dihindari, berapa banyak kekerasan yang telah dicegah, berapa banyak patah tulang yang telah dipulihkan, berapa banyak nyawa yang diselamatkan, terima kasih kepada para pemberi pengaruh yang rendah hati dari Allah yang mengubah sejarah tanpa menunjukkan diri, menganggap diri mereka sebagai hamba yang tidak berguna. Mereka bahkan rela menumpahkan darah mereka sendiri dalam “ya” kepada Tuhan, seperti yang dilakukan Santo Oscar Romero. Darahnya hadir di atas panggung pada kesempatan vigili di Metro Park dalam potongan kemeja yang dikenakannya ketika dia dibunuh di altar tersebut.

27 Januari 2019
Oleh: Andrea Tornielli
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s