“Jalan Salib mengikuti Yesus bersama Maria”

Paus di Audiensi Umum: ‘WYD (World Youth Day) adalah pesta yang penuh sukacita untuk Panama’
Dalam bagian katekese di Audiensi Umum mingguannya, Paus Fransiskus berterima kasih kepada Tuhan dan semua yang telah membantu menjadikan Hari Kaum Muda Sedunia di Panama sukses.

Baru saja dari perjalanan apostoliknya ke Panama, Paus Fransiskus mengenang Hari Pemuda Sedunia bersama dengan para peziarah yang hadir pada hari Rabu di Audiensi Umum.

Salah satu hal yang benar-benar mengejutkannya selama perjalanan, kata Paus, adalah bagaimana orang tua mengangkat anak-anak mereka di udara ketika mobil Paus lewat.
“Kebanggaan keluarga itu adalah anak-anaknya. Anak-anak adalah keamanan untuk masa depan,” katanya.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa ada banyak makna dalam tindakan orang tua mengangkat anak-anak mereka tinggi-tinggi dan hal tersebut berbicara banyak “tentang musim dingin demografis yang kita hidupi di Eropa!” “Musim dingin demografis – tanpa anak – sulit, kan?” katanya.

Simfoni wajah untuk Panama
Paus Fransiskus mengatakan seluruh perjalanannya ke Panama dipenuhi oleh “kehadiran kaum muda yang penuh sukacita.” Dia menyebutnya perayaan “untuk mereka dan untuk Panama dan bahkan untuk seluruh Amerika Tengah, yang ditandai oleh banyak momen dramatis dan membutuhkan harapan, perdamaian dan keadilan.”
Paus mengatakan WYD adalah sebuah simfoni hebat dari berbagai wajah dan bahasa.

“Untuk melihat semua bendera bergabung bersama, melambai di tangan orang-orang muda yang gembira untuk bertemu satu sama lain, adalah tanda kenabian, yang bertentangan dengan kecenderungan saat ini, nasionalisme konfliktual yang membangun tembok serta menutup diri dari universalitas dan perjumpaan dengan orang-orang.”

Jalan Salib Maria
Paus Fransiskus mengatakan WYD Panama membawa aspek Maria yang kuat, yang tampak di dalam Jalan Salib (Via Crucis).

“Biarkan aku memberitahumu sebuah rahasia: aku benar-benar menikmati melakukan Jalan Salib, karena itu berarti mengikuti Yesus bersama Maria.”
Sambil mengeluarkan Via Crucis kecil dari sakunya, Paus mengatakan bahwa dia selalu membawa satu sehingga dia bisa berdoa ketika dia punya waktu.

Bapa Suci mendorong semua orang untuk berdoa Jalan Salib, “karena itu berarti mengikuti Yesus bersama Maria di sepanjang jalan salib, di mana ia memberikan nyawanya untuk kita, untuk penebusan kita. Di Via Crucis kita belajar cinta yang sabar, diam dan konkret.”

Pemuda adalah ‘sekarang’ dari dunia
Paus Fransiskus kemudian merenungkan pentingnya kaum muda bagi masyarakat. Dia mengatakan hadiah mereka tidak hanya dipersiapkan untuk besok. Orang-orang muda, katanya, “adalah hari ini untuk besok. Mereka bukan ‘sementara itu,’ tetapi ‘hari ini,’ ‘sekarang,’ dari Gereja dan dunia.”

Paus mengatakan dia juga mengimbau orang dewasa untuk mendidik dan membentuk kaum muda dengan baik, sehingga mereka dapat menemukan pekerjaan dan tempat di masyarakat.

30 Januari 2019
Oleh: Devin Watkins
Sumber: Vatican News

One thought on ““Jalan Salib mengikuti Yesus bersama Maria”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s