Apa Keistimewaan Kepemimpinan Yesus?

Renungan Harian Misioner
Jumat Biasa IV, 8 Februari 2019
Peringatan St. Hieronimus Emilianus & St. Yosefina Bakhita
Ibr. 13:1-8 & Mrk. 6:14-29

Everyone is a leader because everyone influences someone. Ada kebenaran di balik pernyataan John C. Maxwell namun sebenarnya arti memimpin lebih luas dari ungkapan tersebut. Karena setiap orang adalah pemimpin bukan hanya dalam hal memimpin orang lain. Karena sesungguhnya setiap orang harus mampu memimpin dirinya menggapai kesejahteraan dan kebahagiaan. Inilah alasan setiap orang berjuang belajar memimpin dirinya dan memimpin orang kalau ada mandat kepercayaan diberikan kepadanya.

Senada dengan upaya membekali diri dengan kemampuan memimpin, Ibrani 13:7 mengajak kita untuk belajar dari para tokoh pemimpin karena bobot kepemimpinan yang baik, benar dan mulia melalui hidup dan kiprah mereka: Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Salah satu sosok pemimpin ideal dari zaman ke zaman dalam hal memimpin adalah Yesus Kristus karena menampilkan hal-hal luhur dalam kepemimpinan-Nya. Salah satunya, sebagaimana disebutkan oleh Laurie Jones dalam bukunya Jesus – CEO, adalah visi misi-Nya yang jelas mengenai asal dan tujuan kepemimpinan-Nya: …sebab Aku tahu dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi (Bdk. Yohanes 8:14). Kejelasan asal dan tujuan hidup dan kemimpinan-Nya membuat Yesus tetap fokus pada tujuan perjuangan-Nya.

Injil hari ini juga menunjukkan karakter Yesus yang tidak goyah terhadap trik jahat seperti Herodes dan lain-lain yang hanya mau mengganggu bahkan menghancurkan hidup dan karya-Nya. Karena Dia tahu bahwa upaya orang-orang itu bukan karena diri-Nya salah tetapi karena ada kepentingan terselubung di balik upaya-upaya itu. Karena itu segala daya upaya itu termasuk mencari-cari kesalahan atau menciptakan hoax untuk mempengaruhi publik secara negatif. Tetapi sebenarnya tindakan demikian justru menjadi bumerang untuk mereka sendiri.

Dan yang mengesankan dari pribadi Yesus yakni Dia tidak memfokuskan perhatian-Nya pada trik-trik jahat dan kotor itu. Dia tetap fokus pada karya-Nya sebagaimana yang dikehendaki Bapa-Nya karena dilandasi oleh keyakinan akan kebenaran bahwa perbuatan baik akan berbuah baik. Sebaliknya perbuatan buruk dan jahat akan menghasilkan buah buruk. Dari buahnya akan diketahui pohon itu baik atau tidak (Bdk. Matius 7: 17-19).

Senada dengan ajakan Ibrani 13 mari kita berupaya mengikuti teladan hidup orang-orang yang patut diteladani teristimewa Yesus Sang Guru kita. Kita terus mengupayakan hal-hal luhur dalam hidup kita. HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN BERBUAT BAIK DAN LUHUR. Tuhan pasti memberkati hidup demikian. Amin.

(RP. Dr. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perdagangan Manusia: Semoga dengan murah hati, kita semua bersedia menerima dan melayani para korban perdagangan manusia, korban prostitusi dan korban kekerasan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pertemanan dalam Media Sosial: Semoga para pengguna media sosial semakin cerdas dan selektif dalam memilih lingkaran pertemanan di dunia maya demi pengembangan diri yang sehat dan baik, sehingga terciptanya masyarakat yang sehat dan bermartabat. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami melaksanakan Masa Prapaskah dengan memanfaatkan media sosial secara bijaksana penuh hikmat Roh Kudus bagi keselamatan sesama sebagai bentuk matiraga kami. Kami mohon…

 Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s