Menyangkal Diri dan Memikul Salib Bersama Sang Guru

Renungan Harian Misioner
Kamis sesudah Rabu Abu, 7 Maret 2019
Perayaan St. Perpetua dan Felisitas, Martir
Ul. 30:15-20; Luk. 9:22-25

“Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?”

Dalam sejumlah literatur mengenai para orang kudus, Ignatius Loyola diceritakan pernah mengucapkan kutipan Injil tersebut kepada Fransiskus Xaverius. Fransiskus Xaverius muda yang pada saat itu berambisi untuk menjadi mahaguru terkenal setelah studi di Paris. Usaha ‘memperoleh seluruh dunia’ bisa kita sadari sebagai upaya-upaya untuk mengejar ketenaran, kesuksesan dalam hal materi maupun jabatan, atau usaha memperoleh pengakuan atas pencapaian kita. Namun apapun bentuknya, semua itu pada umumnya muncul dari sikap cinta diri dan egoisme terselubung. Padahal ketika kita memilih untuk menjadi pengikut Kristus, kita selalu diingatkan bahwa jalan hidup yang kita tentukan ini merupakan sebuah perjalanan ‘penyangkalan diri’.

Dalam masa prapaskah ini, Gereja secara khusus merenungkan bagaimana karya keselamatan Allah memuncak dalam peristiwa Yesus Kristus. Untuk itu lewat pantang dan puasa kita berkesempatan menghayati kisah sengsara, kematian dan kebangkitan Kristus. Oleh karena itu sejak awal penginjil Markus telah menuliskan bagaimana Yesus menegur dan mengingatkan kembali para murid, bahwa Anak Manusia akan mengalami banyak penderitaan, penolakan dan pada akhirnya kematian sebelum akhirnya bangkit kembali.

Injil hari ini mengajak kita untuk kembali menyadari bahwa jalan seorang Kristiani bukanlah untuk ‘menguasai dunia’ namun hadir dan hidup di dunia menyangkal diri dan memanggul salib bersama Kristus. Menyangkal diri dan memikul salib bersama Kristus, berarti rela untuk keluar dari dinding egoisme dan dengan bebas rela hadir sebagai berkat bagi sesama. Memikul salib dan mengikuti Yesus berarti pula menerima untuk dipinggirkan dan menderita karena situasi dunia yang tidak adil dan melanggengkan kesenjangan sosial. Bukan untuk menerima ketidakadilan, melainkan untuk tetap setia mewartakan cinta kasih Allah melalui perbuatan nyata.

Pada hari ini pula kita diajak untuk merenungkan pengalaman St. Perpetua dan Felisitas, yang kendati menanggung penderitaan dalam penjara, tetap setia meneguhkan sesamanya dalam iman. Mereka juga dengan caranya menjadi senasib dan seperasaan dengan para tawanan, dan dengan demikian turut menjadi bukti kehadiran Allah di dunia. Semoga kita pun berkat bimbingan Roh Kudus berani menyangkal diri dan berjalan memikul salib bersama Kristus yang hadir dalam diri sesama kita. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Pengakuan Hak Komunitas-Komunitas Kristiani: Semoga komunitas-komunitas Kristiani, terutama mereka yang teraniaya, dapat merasakan kedekatan dengan Kristus dan mengalami bahwa hak-hak mereka sungguh dihormati oleh masyarakat sekitar. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden: Semoga dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum untuk anggota DPR dan Presiden, semua warga negara mengutamakan hati nuraninya, serta tetap berusaha menjaga kerukunan serta persaudaraan sesama anak bangsa agar tidak tergoda oleh bujukan politik uang. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami ikut mengusahakan agar penyelenggaraan pemilihan di kampung-kampung terlaksana dengan semangat persaudaraan yang tulus dan penuh kejujuran.Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s