Kunjungan Jumat Belas Kasih

Jumat Belas Kasih: Paus Fransiskus mengunjungi pasien-pasien Alzheimer
Paus Fransiskus melakukan kunjungan kejutan ke Desa Emanuele, sebuah bangunan dekat Roma yang diperuntukkan bagi orang-orang Alzheimer.

Paus Fransiskus melanjutkan tradisi “Jumat Belas Kasih” minggu ini dengan mengunjungi Desa Emanuele di pinggiran utara Roma. Paus, seperti biasa dalam kunjungan-kunjungan ini, ditemani oleh Uskup Agung Rino Fisichella, Presiden Dewan Kepausan untuk Pengembangan Evangelisasi Baru.

Desa Emanuele
Desa Emanuele adalah sebuah bangunan yang didedikasikan untuk perawatan orang-orang yang menderita penyakit Alzheimer. Kompleks bangunan tersebut ditata seperti desa yang nyata, dengan meniru banyak aspek kecil dari kehidupan sehari-hari, membantu mereka yang hidup dengan penyakit ini untuk mempertahankan jembatan komunikasi dengan dunia luar, mengembangkan sosialisasi dan perjumpaan. Desa ini dinamai menurut pendirinya, yang ingin memberikan solusi inovatif untuk perawatan di rumah bagi orang yang menderita Alzheimer.

Kunjungan Paus
Setelah kedatangannya, Paus disambut dengan takjub oleh penduduk dan staf di halaman desa. Paus kemudian berbicara dengan mereka yang hadir dan saling menghibur. Dengan kunjungan ini, Paus Fransiskus ingin menarik perhatian pada kondisi eksklusif dan kesepian yang ditimbulkan oleh penyakit seperti Alzheimer pada orang-orang yang sering ditinggalkan sendirian oleh masyarakat. Peningkatan usia harapan hidup yang progresif juga menuntut kesadaran yang lebih besar dan rasa hormat terhadap kebutuhan dan martabat mereka yang hidup dengan penyakit ini.

Hari Alzheimer Sedunia ke-23 dirayakan pada tanggal 21 September 2016. Pada kesempatan itu, selama Audiensi Umum, Paus Fransiskus berkata: “Saya mengundang semua orang untuk ingat, dengan perhatian Maria dan dengan kelembutan Yesus yang Maha Penyayang, pada mereka yang terpengaruh oleh penyakit ini, bersama dengan keluarga mereka. Kita juga berdoa untuk orang-orang yang dekat dengan orang sakit, agar tahu bagaimana memahami kebutuhan mereka, bahkan yang paling tak terlihat, karena mereka akan terlihat dengan mata penuh cinta”.

Alzheimer
Alzheimer adalah bentuk demensia yang paling umum. Ini adalah penyakit degeneratif yang tidak dapat disembuhkan. Ini menyebabkan kerusakan neuron di bagian otak tertentu dan berkurangnya fungsi kognitif yang progresif. Ini mempengaruhi memori, bahasa, dan perilaku. Diagnosis dini mencegah komplikasi dan kerusakan yang cepat. Demensia memengaruhi 47 juta orang di seluruh dunia dan merupakan penyebab kematian ketujuh di seluruh dunia.

12 April 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s