Kebangkitan Tuhan Meneguhkan Iman Kita

Renungan Harian Misioner
SABTU SUCI, 20 April 2019
Kej. 1:1 – 2:2 (Kej. 1:1,26-31a); Luk. 24:1-12

Sahabat-sahabat Tuhan yang Bangkit,

Salam Pesta Paskah untuk kita sekalian. Merayakan Pesta Paskah menciptakan khasanah iman tersendiri dalam sanubari kita yang percaya pada Yesus Tuhan kita. Situasi hati batin kita sebagai pengikut-Nya diliputi sukacita karena Tuhan kita yang disalibkan kini telah bangkit dengan mulia jaya. Inilah alasan mengapa hari ini disebut Sabtu Alleluya karena kita mau memuji dan memuliakan Allah yang telah mengalahkan maut dengan membangkitkan Tuhan kita Yesus Kristus.

Bacaan-bacaan suci pada hari Sabtu Alleluya menampilkan karya agung Allah yang senantiasa tampil dan menolong manusia sepanjang sejarah hidup umat manusia di dunia. Mendalami kisah-kisah yang ditampilkan dalam perayaan Sabtu Alleluya, baik dari Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, kita semakin diyakinkan untuk percaya bahwa Tuhan yang kita Imani sungguh Allah yang Mahakuasa. Kuasanya tak mampu dibendung oleh kekuatan dunia dan manusia apapun bentuknya. Kuasa Tuhan itulah yang terus menyertai kita termasuk dalam segala pengalaman hidup kita baik dalam situasi untung maupun malang.

Inilah pengalaman iman yang dialami oleh para murid Tuhan pada saat kebangkitan-Nya. Pemberitahuan Malaikat kepada perempuan-perempuan di kubur Tuhan yang telah bangkit patut kita renungkan pesannya: “Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakanNya kepada kamu ketika Ia masih di Galilea yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari ketiga.” Kata-kata tersebut menjadi suatu peneguhan iman bagi mereka yang waktu itu sedang dilanda rasa takut dan cemas karena peristiwa penyaliban Tuhan. Mereka diyakinkan untuk tidak perlu takut cemas terhadap peristiwa penyaliban Tuhan karena maut telah dikalahkan sebagaimana telah disampaikan oleh Tuhan sendiri di Galilea.

Perayaan Paskah hendaknya menghantar kita pula pada situasi tersebut di mana iman kita akan Allah yang Mahakuasa makin diteguhkan dan diperkokoh. Warta kebangkitan Tuhan hendaknya menjadi sukacita bagi kita karena iman kita akan Tuhan yang bangkit tidak sia-sia. Kemenangan-Nya atas maut menjadi jaminan iman bagi kita juga bahwa Tuhan pun akan mendatangkan kemenangan, cahaya kehidupan bagi kita.

Inilah inti pesan yang mesti kita kokohkan dalam batin kita bahwa Tuhan sanggup mengalahkan maut karena Dia berkuasa atas maut. Dia senantiasa menyertai kita dalam perjalanan suka duka hidup kita. Semoga perayaan kebangkitan Tuhan kita makin memantapkan iman kita kepada-Nya dan mendorong kita untuk senantiasa bersandar pada-Nya karena Dialah yang Mahakuasa yang berkuasa atas maut. Tuhan memberkati kita sekalian.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Para Dokter dan rekan-rekannya di wilayah perang: Semoga para dokter dan rekan-rekannya yang bekerja di wilayah perang dan mengambil risiko bagi hidup mereka sendiri demi keselamatan orang lain dikuatkan dan dilindungi oleh Tuhan yang Maha Kasih. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menangkal Radikalisme: Semoga Gereja membantu dan sungguh-sungguh terlibat secara nyata dalam bekerja sama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat lain yang sedang berupaya menangkal segala bentuk kekerasan radikalisme dan fundamentalisme yang sedang mengancam keutuhan bangsa. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami merayakan Paskah dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan di tengah masyarakat yang beraneka ragam, dalam bimbingan Bunda Maria, Ratu Damai dan Sukacita. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s