Menyambut Garda Swiss Baru

Paus Fransiskus menyambut kedatangan anggota baru Garda Swiss
Menjelang upacara sumpah tradisional Garda Swiss 6 Mei di halaman Istana Apostolik, Paus Fransiskus menerima 23 rekrutan baru pada hari Sabtu. Paus meminta mereka “untuk menjadi saksi dan rasul pembaruan pribadi dan komunitas.”

Menyambut 23 rekrutan Garda Swiss yang baru dan keluarga mereka menjelang upacara pelantikan mereka di halaman Istana Apostolik pada hari Senin, Paus menyatakan harapan bahwa pelayanan mereka di Vatikan dan waktu mereka yang dihabiskan di Roma akan memberikan kepada orang-orang yang mereka temui “sebuah kata penghiburan dan sikap persaudaraan, sehingga mereka dapat menjadi saksi Kristus yang bangkit, hidup dan hadir di setiap zaman.”

Dengan cara ini, Paus melanjutkan, “Anda akan menjalani panggilan Kristiani Anda dengan cara yang bermanfaat, berakar pada Baptisan, asal mula iman.”

Bersaksi tentang iman dengan sukacita
Paus Fransiskus mengatakan bahwa selama mereka tinggal di Roma, para penjaga dipanggil untuk menjadi saksi iman mereka dengan sukacita, sehingga banyak orang yang mereka temui, “khususnya di pintu masuk ke Kota Vatikan,” akan terkesan oleh semangat mereka dalam melakukan tugas mereka.

Selama pidatonya, Paus meminta masing-masing anggota baru untuk memastikan bahwa setiap orang yang mereka temui dalam tugas sehari-hari juga akan menemukan kasih Allah bagi setiap orang melalui mereka.

“Ini adalah misi pertama setiap orang Kristiani,” kata Paus.

Setiap orang yang bertugas di Takhta Suci, Paus menggarisbawahi, perlu “menjadi saksi dan rasul pembaruan pribadi dan komunitas.”

Paus Fransiskus mencatat bahwa waktu mereka sebagai Garda Swiss akan memberi mereka kesempatan untuk membangun prinsip-prinsip etis dan spiritual mereka. Kurva pembelajaran ini, Paus sebutkan, “akan membantu Anda untuk hidup dalam masyarakat dengan sikap yang benar, mengakui keragaman budaya, agama dan sosial sebagai kekayaan manusia dan bukan sebagai ancaman.”

Paus menambahkan, “ini sangat penting di dunia yang mengalami, yang belum pernah terjadi sebelumnya, pergerakan besar orang-orang dalam mencari keamanan dan kehidupan yang bermartabat.”

Upacara pelantikan dari 23 rekrut baru akan berlangsung di halaman St. Damasus di Vatikan pada hari Senin 6 Mei. Tanggal acara tersebut untuk memperingati 147 Garda Swiss yang gugur membela Paus Klemens VII selama Sack of Rome pada 1527.

04 Mei 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s