Budaya Perjumpaan dan Solidaritas

Paus Fransiskus mengirim salam ke Makedonia Utara
Paus Fransiskus mengirim pesan video kepada orang-orang Makedonia Utara pada hari Sabtu, dengan mengatakan bahwa ia akan datang untuk menabur benih-benih budaya pertemuan dan solidaritas.

Paus Fransiskus akan mengunjungi negara Balkan di Makedonia Utara pada hari Selasa, pada putaran kedua dari Perjalanan Kerasulan ke-29 ke luar negeri.

Dalam sebuah pesan video yang dikirim pada hari Sabtu, Paus mengungkapkan “kegembiraan dan perasaan kasih sayang” untuk orang-orang dan Gereja di Makedonia Utara.

Perjumpaan dan solidaritas
Bapa Suci mengatakan dia berharap untuk menumbuhkan budaya perjumpaan dan solidaritas di negara ini.

“Saya akan datang di antara kalian untuk menabur benih-benih ini, dengan keyakinan bahwa tanah kalian adalah tanah yang baik, dan tanah itu akan dapat menyambut benih dan menghasilkan buah,” kata Paus.

Keindahan khusus Makedonia Utara, kata Paus Fransiskus, berasal dari permadani budaya dan afiliasi etnis dan agama.

“Hidup bersama tidak selalu mudah, kita tahu itu,” kata Paus. “Tapi itu layak diperjuangkan, karena mosaik yang paling indah adalah yang paling kaya warna.”

Bunda Teresa
Paus Fransiskus memercayakan kunjungan satu hari ke Makedonia Utara kepada St. Teresa dari Calcutta, yang lahir dan besar di Skopje.

“Melalui kasih karunia Allah,” kata Paus, “St. Teresa menjadi misionaris pemberani dari kasih Kristus di dunia, memberikan penghiburan dan martabat bagi yang termiskin dari yang miskin.”

Akhirnya, Paus mengundang orang-orang Makedonia Utara untuk mempersiapkan kedatangannya melalui doa, sehingga waktunya di sana dapat “berbuah kedamaian”.

“Tuhan memberkati kalian,” pungkasnya.

Terjemahan dari pesan video di bawah ini:

Saudara-saudari yang terkasih di Makedonia Utara!

Melalui pesan singkat ini, saya ingin mengungkapkan kepada Anda kegembiraan saya dan perasaan kasih sayang yang saya rasakan bagi umat Anda dan bagi Gereja di tanah Anda.

Setelah negara Anda memperoleh kemerdekaan, Takhta Suci berusaha menjalin hubungan persahabatan dan diplomatik.

Hari ini, lebih dari sebelumnya, ada kebutuhan untuk mengembangkan budaya perjumpaan dan solidaritas di Eropa dan di seluruh dunia, dan saya akan datang di antara Anda untuk menabur benih-benih ini, dengan keyakinan bahwa tanah Anda adalah tanah yang baik, dan bahwa tanah itu akan dapat menyambut benih dan berbuah.

Keindahan tertentu dari negara Anda berasal dari beragam budaya dan afiliasi etnis dan agama yang menghuninya.

Hidup bersama tidak selalu mudah, kita tahu itu. Tetapi perlu diperjuangkan, karena mosaik yang paling indah adalah yang paling kaya warna.

Saya memercayakan kunjungan saya ke perantaraan santa agung, seorang putri dari negeri Anda: Bunda Teresa.

Dilahirkan dan dibesarkan di Skopje, melalui anugerah Allah, Bunda Teresa menjadi misionaris pemberani kasih Kristus di dunia, memberikan penghiburan dan martabat bagi yang termiskin dari yang miskin.

Teman-teman yang terkasih, mari kita persiapkan pertemuan kita melalui doa, sehingga itu dapat menghasilkan buah kedamaian dan semua hal baik untuk semua umatmu.

Tuhan memberkati Anda!

04 Mei 2019
Oleh: Devin Watkins
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s