Berjalan Bersama dalam Keberagaman

Paus Audiensi: Berjalan bersama dalam kekayaan keberagaman
Selama Katekese di Audiensi Umum hari Rabu, Paus Fransiskus mengenang kunjungannya baru-baru ini ke Rumania mengikuti jejak Santo Yohanes Paulus II.

Motto kunjungan tersebut adalah “Mari berjalan bersama” dan Paus menyatakan sukacitanya karena dapat berjalan sebagai peziarah di antara orang-orang Rumania.

Berbagai pertemuan yang terjadi di sana “menyoroti nilai dan kebutuhan untuk berjalan bersama di antara orang-orang Kristen, dengan iman dan amal, dan di antara warga sipil.”

Berjalan bersama menuju kesatuan penuh
Paus Fransiskus mengungkapkan rasa terima kasihnya yang mendalam saat ia mengingat pertemuannya yang hangat dengan Patriark Daniel dan Sinode Suci Gereja Ortodoks Rumania, di mana ia dapat membarui komitmen Gereja Katolik untuk berjalan bersama menuju kesatuan penuh.

Paus menambahkan, bahwa dimensi ekumenis yang penting dari perjalanan ini memuncak dalam Doa Bapa Kami yang khusyuk di Katedral Ortodoks yang baru di Bukares.

“Ini adalah momen yang sangat bernilai simbolik, karena Doa Bapa Kami adalah doa Kristen yang terbaik, warisan bersama dari semua yang dibaptis.”

Paus Fransiskus juga mengenang kembali pada tiga perayaan Misa Kudus dan Beatifikasi dari tujuh uskup Katolik-Yunani. Masing-masing dari para martir ini memberikan kesaksian tentang kebebasan dan belas kasih yang dibawa oleh Injil.

Kekayaan keberagaman
Paus berkomentar bahwa pertemuan dengan kaum muda dan keluarga, yang diadakan di Iaşi, sangat intens dan meriah. “Itu merupakan sebuah tempat yang mengundang kita untuk membuka jalan untuk berjalan bersama, dalam kekayaan keberagaman.”

Paus Fransiskus melanjutkan dengan mengatakan bahwa “pertemuan ini juga memiliki dimensi Maria dan ditutup dengan orang-orang muda dan keluarga yang dipercayakan kepada Bunda Suci Allah.”

Tahap terakhir dari perjalanan Paus adalah kunjungan ke komunitas Roma di kota Blaj.

Paus Fransiskus menggarisbawahi betapa penting baginya untuk menyambut mereka dan membarui permohonannya terhadap semua bentuk diskriminasi dan untuk menghormati orang-orang dari semua etnis, bahasa dan agama.

05 Juni 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s