Harapan ROH Tidak Mengecewakan

Paus dalam Misa di Camerino: “Mengingat, memperbaiki, membangun kembali… bersama-sama”
Paus Fransiskus merayakan Misa Kudus di Camerino di Wilayah Italia Marches, merenungkan Mazmur 8, pada kata-kata “mengingat”, “harapan”, dan “kedekatan”.

Gempa bumi yang melanda Camerino dan kota-kota pegunungan Italia yang berdekatan, pada tanggal 24 Agustus dan lagi pada tanggal 30 Oktober tiga tahun yang lalu, menyebabkan hampir 300 orang tewas dan bangunan-bangunan hancur. Pada skala 6,6 pada Skala Richter, itu adalah gempa bumi paling merusak yang melanda Italia dalam lebih dari 30 tahun, setelah yang menghancurkan L’Aquila pada tahun 2009. Kota-kota dan orang-orang berjuang untuk pulih sejak saat itu.

Mazmur 8: 5
Paus Fransiskus memulai homilinya dengan mengulangi kata-kata dari Mazmur 8: “Apakah manusia sehingga Engkau mengingatnya?” Paus mengatakan kata-kata ini muncul di benaknya ketika dia memikirkan orang-orang di daerah ini: “Menghadapi apa yang telah Anda lihat dan derita, rumah-rumah yang runtuh dan bangunan menjadi puing-puing, menimbulkan pertanyaan: apakah yang pernah dilakukan manusia? Apakah dia, jika harapannya bisa berakhir dalam debu? ”

Mengingat
Dalam kutipan dari Mazmur, Paus Fransiskus menggunakan kata kerja Italia “ricordare” – yang secara harfiah berarti “mengingat”, atau “kembali dengan hati”. Menjawab pertanyaannya sendiri, Paus berkata, “Tuhan mengingat kita apa adanya, dalam kelemahan kita… Dia kembali kepada kita dengan hati, karena kita ada di hati-Nya”. Kita mungkin “kecil di bawah langit dan tidak berdaya ketika bumi bergetar, tetapi bagi Tuhan kita lebih berharga dari apa pun”.

“Mengingat adalah kata kunci untuk kehidupan”, kata Paus Fransiskus. “Mengingat memberi kita kekuatan untuk tidak menyerah”. Paus mengakui bahwa ingatan buruk kembali, bahkan ketika kita tidak menginginkannya. Untuk membebaskan diri kita “dari ingatan negatif yang membuat kita menjadi tawanan, dari penyesalan-penyesalan yang melumpuhkan kita, kita membutuhkan seseorang untuk membantu kita memikul beban yang kita miliki di dalam”. Yesus tidak menawarkan kepada kita “solusi cepat dan mudah” untuk mengambil beban kita. Alih-alih, Dia mengirimkan Roh Kudus kepada kita, Penghibur, yang mengubah “luka-luka masa lalu menjadi kenangan keselamatan… karena Roh Kudus adalah pembangun kembali harapan”.

Harapan
Paus Fransiskus kemudian melanjutkan berbicara tentang hakikat Harapan. “Harapan duniawi akan berlalu, mereka selalu memiliki tanggal kedaluwarsa”. “Harapan Roh”, di sisi lain, “adalah harapan yang tahan lama karena didasarkan pada kesetiaan Allah”. Ini adalah harapan yang menegaskan bahwa kita tidak sendirian. “Ini adalah harapan dengan akar yang kuat, yang tidak dapat dihancurkan oleh badai kehidupan”. Ini adalah harapan yang, menurut St. Paulus, “tidak mengecewakan”.

Kedekatan
Paus Fransiskus melanjutkan homilinya dengan merujuk pada Hari Raya Tritunggal Mahakudus hari Minggu ini. “Tritunggal bukan teka-teki teologis, tetapi misteri kedekatan Tuhan yang luar biasa”. Tuhan tidak “di atas sana, jauh dan acuh tak acuh”. Tuhan mengirimkan Roh kepada kita, tahu bahwa “dibutuhkan lebih banyak kekuatan untuk memperbaiki daripada membangun”. Paus mengingat telah “hampir tiga tahun telah berlalu” sejak gempa bumi melanda pada 2016. “Risikonya adalah bahwa, setelah keterlibatan emosi yang pertama dan media, perhatian kemudian hilang dan janji-janji dilupakan. Tuhan sebaliknya mendorong kita untuk mengingat, memperbaiki, membangun kembali, dan melakukannya bersama-sama, tanpa pernah melupakan mereka yang menderita”.

“Saya datang ke sini hari ini untuk menjadi dekat dengan Anda, untuk berdoa bersama Anda kepada Allah yang mengingat… Allah harapan… Allah yang dekat dengan kita… sehingga apa yang tidak stabil di bumi tidak akan menggoyahkan kepastian yang kita miliki di dalam diri kita”.

16 Juni 2019
Sumber: Vatican News

One thought on “Harapan ROH Tidak Mengecewakan

  1. Terima kasih untuk kiriman homili Bapak Sri Paus, sangat bermanfaat bagi pengetahuan iman saya.
    Berkah Dalem 🙏

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s