Kerendahan Hati Memeluk Salib Menghantar Kekudusan

Angelus: Seruan untuk Timur Tengah, mengenang “orang-orang suci yang ada di sekitar”
Setelah merayakan Misa Kudus di Camerino, di Wilayah Marches Italia, Paus Fransiskus membacakan Doa Angelus, berterima kasih kepada mereka yang membantu mempersiapkan kunjungannya, dan Paus mengingat “orang-orang kudus di sekitar”, serta memohon resolusi untuk konflik di Timur Tengah.

Sebelum mendaraskan Angelus setelah Misa, Paus Fransiskus menyuarakan keprihatinannya atas “meningkatnya ketegangan di Teluk Persia.” “Saya menyerukan kepada semua orang untuk menggunakan diplomasi untuk menyelesaikan masalah kompleks konflik di Timur Tengah. Saya juga membarui seruan tulus saya pada komunitas internasional untuk setiap upaya yang mungkin dilakukan untuk mempromosikan dialog dan perdamaian.”

Nasib Para Pengungsi
Paus juga mengenangkan 20 Juni menandai Hari Pengungsi Sedunia PBB. “Hari ini mengundang semua orang untuk menunjukkan solidaritas dengan laki-laki, perempuan dan anak-anak yang melarikan diri dari perang, penganiayaan dan pelanggaran hak-hak dasar. Semoga komunitas gerejawi dan sipil kita dekat dengan mereka dan memperhatikan kebutuhan dan penderitaan mereka”.

Paus Fransiskus kemudian melanjutkan untuk menyapa tidak hanya mereka yang hadir di Piazza Cavour, di kota Camerino, tetapi juga mereka yang, “melalui radio dan televisi, telah menyatukan diri mereka secara spiritual dengan Misa Kudus ini”. Paus teringat terutama pada “orang sakit, orang tua, dan tahanan”, dan mengucapkan terima kasih “semuanya itu – lembaga, organisasi, asosiasi dan individu – yang bekerja untuk kunjungan singkat tapi intens ini”.

Orang-Orang suci di sekitar
“Semoga Anda berjalan bersama dan dengan sukacita di jalan iman, harapan, dan kasih amal, setia kepada banyak saksi kekudusan yang membuat tanah Anda kaya”. Selain orang-orang terkenal seperti Santo Nicholas dari Tolentino, Paus mengatakan ia memikirkan “banyak tokoh” orang suci di sekitar “yang belum dibeatifikasi atau dikanonisasi, tetapi yang telah mendukung dan mengubah keluarga dan komunitas dengan kekuatan kehidupan Kristiani mereka.”

Yang baru Diberkati
Dalam hal ini, Paus Fransiskus menyebutkan beatifikasi Edvige Carboni, pada hari Sabtu di Sardinia. Paus menggambarkannya sebagai “seorang wanita sederhana dari antara orang-orang yang dalam kehidupan sehari-harinya yang rendah hati memeluk Salib, memberikan kesaksian iman dan kasih amal”. Paus mengundang mereka yang hadir untuk memuji yang baru Diberkati ini, dan berkata kita harus “bersyukur atas murid Kristus yang setia ini, yang menghabiskan seluruh hidupnya dalam pelayanan kepada Tuhan dan tetangganya”.

16 Juni 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s