Dalam Tuhan Ada Kepastian Hidup

Renungan Harian Misioner
Rabu Pekan Biasa XIII, 3 Juli 2019
Pesta S. Thomas, Rasul
Kej. 22:1-19; Mzm. 116:1-2,3-4,5-6,8-9; Mat. 9:1-8

Tidak terbilang jumlah orang di sekitar Yesus. Ada yang menolak; ada yang menerima (menerima dengan segera, dengan ragu, dsb). Gereja memang terbuka bagi siapa saja; termasuk mereka yang sedang belajar beriman (Ef. 2:19-22). Santo Thomas kadang pasti, kadang ragu. Dalam lingkungan persahabatan para Rasul, ia belajar menjadi dirinya sendiri, belajar menjadi teman Keduabelasan, belajar mengimani Sang Guru dari Nasaret, Putera Allah. Bacaan Yoh. 20: 24-29 memperlihatkan pergulatan Thomas, untuk mengimani Tuhan Yesus secara utuh. Dia manusia biasa, yang berkanjang dalam pergulatan hidup, antara kepastian dan keraguan; dalam hidup harian maupun dalam hidup iman. Injil memperlihatkan Thomas, yang mengalami perjalanan iman: dari manusia biasa, yang menggunakan akal biasa dan bahkan amat mengenal para murid lain, yang dilanda ketakutan serta dukacita, waktu menyaksikan Guru mereka dibantai lawan-lawan sosialnya; menghadapi teman-temannya, yang sering juga tidak stabil dalam bersikap kepada Yesus; kemudian dijamah Tuhan sendiri, sampai menjadi beriman. “Tidak stabil” adalah sifat manusia, yang kodrati: di sanalah Tuhan ingin menjumpai dan menemani kita.

Sangat mungkin, bahwa ziarah iman kita mengalami pasang surut: kadang indah, kadang suram; kadang pasti, kadang ragu. Apabila kita sedang mengalami keraguan, tidak perlulah kita galau atau cemas; Tuhan pasti ada di jalan iman kita, membisikkan arah menuju kepastian. Bahkan mungkin kepastian kita dapat dipanggil serupa dengan Thomas, untuk mampu mengucapkan kata yang sampai sekarang dihargai yakni “Tuhanku dan Allahku”. Tidak mustahil pula, bahwa kita dipanggil menjadi saksi iman sampai tuntas, seperti Thomas: “Mati bagi iman kepada Tuhan Yesus Kristus”, sesudah mengarungi peziarahan iman yang panjang sekali.

Kita dapat belajar dari Santo Thomas dan para pendahulu kita menjadi orang beriman dan saksi iman, dengan pelbagai pasang surut ziarah iman, mempersembahkan kesaksian iman dengan kata dan tindakan serta hidup kita, menyambut Sang Guru sepenuh hidup. Dinamika orang beriman memang mengalami pasang surut: percayalah kepada bimbingan Roh. Dalam pasang surut itu, bukalah hati kepada Roh Yesus Kristus. Di masa sekarang, ujian iman dapat semakin beraneka dan menantang orang beriman dengan beberapa tekanan, yang berubah-ubah. Tuhan Yesus, yang Terbangkitkan, menjanjikan untuk mengaruniakan Roh Kudus, demi cinta-Nya. Tetaplah dalam kesatuan iman Gereja Kristus. Berserulah seperti Thomas: “Tuhanku dan Allahku”. Hanya dalam Tuhan ada kepastian sikap iman.

Refleksi: Seberapa sering kita pasti dalam beriman? Seberapa sering kita ragu? Seberapa sering Tuhan menyentuh kita dan kita pedulikan?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Integritas untuk Keadilan: Semoga para pengampu keadilan mampu bekerja dengan integritas dan mengupayakan agar dunia ini tidak ditentukan dan dikuasai oleh ketidakadilan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perlindungan Hutan: Semoga manusia semakin sadar untuk menjaga hutan sebagai paru-paru bumi dan tidak memanfaatkannya serta merusaknya demi keuntungan ekonomi semata-mata. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami menyemangati para anggota komunitas basis untuk berbagi waktu secara bermutu dan penuh kegembiraan dalam masa libur maupun masa bekerja atau sekolah. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s