Mengenang Hidup Para Pengungsi

Paus merayakan Misa bagi para migran pada peringatan 6 tahun Lampedusa
Segera setelah pemilihannya pada bulan Maret, Paus Fransiskus mendedikasikan perjalanan resmi pertamanya di luar Roma kepada para migran dan pengungsi, mengunjungi pulau Italia, Pulau Lampedusa pada 8 Juli 2013.

Paus Fransiskus akan merayakan Misa Kudus bagi Para Migran di Basilika Santo Petrus pada 8 Juli, untuk memperingati 6 tahun kunjungannya ke pulau kecil Lampedusa, di lepas pantai Sisilia.

“Sekitar 250 orang akan berpartisipasi dalam perayaan itu, di antaranya adalah migran, pengungsi, dan mereka yang mendedikasikan diri untuk menyelamatkan hidup mereka,” bunyi pernyataan direktur ‘ad interim’ dari Kantor Pers Takhta Suci, Alessandro Gisotti.

“Yang mengambil bagian dalam Misa yang dipimpin oleh Bapa Paus di Altar The Chair of St. Peter, hanya orang-orang yang diundang oleh Seksi Migran dan Pengungsi Dikasteri untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Integral, kepada siapa Bapa Suci telah memercayakan pengaturan acara.”

Gisotti mencatat bahwa “Media Vatikan akan menyediakan siaran langsung Misa, namun kehadiran pers di Basilika tidak dinantikan.” Dia menjelaskan bahwa “Bapa Suci ingin agar momen itu dapat dikenang kembali sebaik mungkin dalam mengingat berapa banyak orang telah kehilangan nyawa karena perang dan kesengsaraan, dan dengan demikian mendorong mereka yang berjuang hari demi hari untuk mempertahankan, menemani, dan menyambut para migran dan pengungsi.”

Dengan penderitaan dan perkara pengungsi dan migran yang sangat dekat di hatinya, Paus Fransiskus yang terpilih pada 13 Maret 2013, mendedikasikan kunjungan pastoral pertamanya di luar Roma ke Lampedusa hampir 4 bulan kemudian pada 8 Juli.

Lampedusa adalah salah satu pintu masuk utama ke Eropa bagi para pengungsi dan migran miskin dan putus asa yang berangkat dari Afrika Utara, mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyeberangi Mediterania dengan kapal-kapal yang penuh sesak dan tidak aman serta kapal-kapal kecil.

Di sana Paus berdoa untuk banyak migran ilegal yang tenggelam ketika mencoba mencapai pantai Eropa. Bapa Paus melemparkan karangan bunga ke laut, sebagai tanda berkabung – sebelum memimpin Misa di tempat terbuka.

02 Juli 2019
Oleh: Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s