Kongres Misi Nasional Resmi Dibuka

01 Agustus 2019

Misa Pembukaan Kongres Misi
Nuntius – Mgr. Piero Pioppo bersama kelima Bapa Uskup: Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, M.S.F, Mgr. Edmund Woga, CSsR, Mgr. Aloysius Murwito, O.F.M, Mgr. Pius Riana Prapdi, Mgr. Yustinus Harjosusanto, M.S.F, mengadakan misa konselebrasi untuk membuka Kongres Misi 2019.

Pembaruan Misi – Menghidupi Iman dalam Situasi Misi
Kardinal Fernando Filoni, Kepala Kongregasi Evangelisasi Bagi Bangsa-Bangsa, mengirimkan pesan untuk para misionaris dan semua orang Kristiani yang telah memberikan hidup bagi Injil dan pembangunan Gereja dalam beragam masyarakat, budaya dan agama. Pesan khusus ini dibacakan oleh Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka. Kardinal mengingatkan tanggung jawab akan misi. Pendekatan evangelis terhadap misi berarti mengingat bahwa misi Gereja hanya memiliki satu tujuan yakni pewartaan Injil, penyebaran iman Kristiani dan kesaksian kasih. Juga mengenai keinginan Paus untuk memutuskan persatuan, dan keterkaitan yang tidak pantas, yang ada dalam iman Kristiani dan misinya. Paus Fransiskus mengundang semua untuk membarui misi sebagai komitmen baptisan yang mendalam, dari semua umat beriman, tanpa melepaskan atau menyerahkan dimensi hakiki iman kita sebagai umat Allah hanya kepada institusi misioner. Misi harus menjadi paradigma kehidupan sehari-hari Gereja. Semua orang Kristiani dalam keuskupan, paroki, gerakan gerejawi dan kelompok Gereja mereka dipanggil untuk menghidupi iman mereka dalam situasi misi yang permanen.

Opening Ceremony
Para peserta bersama-sama berdiri, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr.Dr.Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo yang diharapkan memberikan kata sambutan tidak dapat hadir dikarenakan ada tugas penting yang tidak dapat ditinggalkan. Acara pembukaan ini diramaikan juga dengan kehadiran penyanyi dan para penari cilik. Parade wakil-wakil Karya Kepausan Indonesia dari 37 keuskupan yang membawa vandel dari keuskupan masing-masing, memasuki ruangan acara dengan meriah. Di puncak acara, Mgr. Piero Pioppo dan Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, M.S.F menabuh gong untuk membuka kongres dengan resmi.

Adorasi Misioner
Acara hari pertama ini ditutup dengan adorasi misioner, setelah peserta mendengarkan ceramah pengantar umum dari Mgr. Aloysius Maryadi Sutrisnaatmaka, M.S.F dan ceramah “Maximum Illud” dari Dr. Raymundus Sudhiarsa, SVD, Wakil Ketua Komisi Karya Misioner KWI. Setelah acara selesai, tim Kongres Misi berkumpul untuk melakukan evaluasi bersama.

(Angel – Karya Kepausan Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s