“Berikanlah, dan Itu Akan Diberikan Kepadamu”

Paus mendesak para penjaga untuk membuat layanan dengan cara hidup mereka
Paus Fransiskus pada hari Sabtu bertemu sekitar 5.000 pencari dan pengintai pramuka yang berasal dari lebih dari 20 negara yang tergabung dalam International Union of Guides dan Scouts of Europe. Audiensi kepausan mengakhiri acara minggu panjang Euromoot 2019 yang diperuntukkan bagi kaum muda lelaki dan perempuan.

Paus Fransiskus pada hari Sabtu mendesak para penjaga untuk memberikan diri mereka kepada orang lain dengan cara membangun, melayani, dan merawat orang lain, Paus mengatakan hal tersebut akan membebaskan mereka dari dalam dan memperkaya dunia.

Paus memberikan nasihat kepada sekitar 5.000 pria dan wanita muda pramuka dari lebih dari 20 negara yang tergabung dalam International Union of Guides dan Scouts of Europe. Mereka bertemu Paus di penghujung acara Euromoot 2019 mereka, 27 Juli-3 Agustus, yang telah melihat mereka melakukan perjalanan sepanjang perjalanan sejarah Italia dan kemudian bertemu mereka di Roma.

“Berikanlah, dan itu akan diberikan kepadamu”
Mengetahui bahwa selama susunan perjalanan mereka, mereka merenungkan Santo Paulus, Benediktus, Cyril dan Methodius, Fransiskus dari Assisi dan Catherine dari Siena yang melakukan perjalanan melalui Italia, Paus mengatakan mereka semua telah memberikan hidup mereka untuk orang lain tanpa menyimpan apa pun untuk diri mereka sendiri. Paus mengatakan bahwa “Injil adalah peta kehidupan” di mana Yesus menunjukkan jalan yang jelas menuju kebahagiaan: “Berikanlah, dan itu akan diberikan kepadamu.”

Paus mengatakan bahwa bagi Yesus, titik awalnya adalah memberi, bukan memiliki. Ini berarti keluar dari kenyamanan kursi dan pergi ke lapangan untuk memberi dunia sedikit kebaikan.

Hadiah memberi
Paus meyakinkan bahwa dengan memberi seseorang tidak dibiarkan dengan tangan kosong karena ketika tampaknya Tuhan mengambil sesuatu dari Anda, “itu hanya untuk memberi Anda sesuatu yang lebih dan lebih baik lagi”. Yesus membuat Anda bahagia dari dalam, bukan dari luar, dengan membebaskan Anda dari janji konsumsi palsu.

“Seseorang hanya menerima dengan memberi.” Ini, adalah rahasia kehidupan. Smartphone terbaru, mobil tercepat atau pakaian modis, selain tidak pernah cukup, tidak akan pernah memberi mereka kesenangan karena merasa dicintai dan dipenuhi kasih.

Paus menyatakan penghargaan atas istilah pramuka: “keberangkatan”, di mana para penjaga menggunakan diri mereka untuk melayani sebagai cara hidup, hidup dalam persaudaraan kepanduan dengan bersikap terbuka kepada yang lain dan berbuat baik. “Jika Anda membangun jembatan untuk orang lain, Anda akan melihat orang lain berjalan di jembatan itu mendatangi Anda.”

“Lihatlah tanganmu, yang dibuat untuk membangun, untuk melayani dan untuk memberi dan katakan kepada dirimu sendiri: “Aku peduli, yang lain mengkhawatirkan aku.”

Penciptaan
Kata-kata Yesus, “Berikanlah, dan itu akan diberikan kepadamu,” kata Paus, juga diterapkan pada ciptaan. “Jika kita mengurusnya, esok kita juga akan memiliki rumah.”

Penciptaan, adalah buku terbuka yang mengajarkan bahwa kita berada di dunia untuk bertemu orang lain, untuk menciptakan persekutuan karena kita semua terhubung. “Penciptaan dibuat untuk terhubung dengan Tuhan dan di antara kita. Hal tersebut merupakan media sosial Tuhan.”

Eropa
Bahkan cinta para pencari dan pengintai pramuka untuk tanah air mereka bersama, Eropa, membutuhkan tidak hanya pengamat yang penuh perhatian tetapi juga pembangun aktif dari masyarakat yang direkonsiliasi dan terintegrasi, yang memberikan kehidupan bagi Eropa yang dibarui, bukan sebagai pelindung ruang tetapi sebagai generator dari pertemuan.

03 Agustus 2019
Oleh: Robin Gomes
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s