“Indonesia Siap Bermisi!”

04 Agustus 2019

Data dan Hasil Peserta Kongres Misi
Hari terakhir Kongres Misi Nasional 2019 dibuka dengan doa pagi bersama yang dipimpin oleh Regio Papua. Setelah sarapan RD. Markus Nur Widipranoto tampil membacakan hasil data yang terkumpul dari para peserta kongres. Mulai dari persentasi jumlah peserta berdasarkan Regio (Sumatera, Jawa, Kalimantan, NTT, MAM-Pu), kemudian persentasi peserta berdasarkan golongan (Imam, Religius, Awam), di mana umat awam mendominasi dengan angka 59.8%. Dari segi usia, yang terbanyak adalah peserta muda di rentang usia 26-35 tahun. Setelah itu ditayangkan dan dibacakan hasil diskusi Misi ad Extra dan Misi ad Intra dari setiap regio, serta langkah-langkah apa yang akan diambil terkait dengan gerakan misi ke dalam dan ke luar tersebut.

Rencana Tindak Lanjut Kongres Misi Nasional 2019
“Indonesia Bermisi” adalah tema yang digagas oleh panitia Kongres Misi sebagai RTL (Rencana Tindak Lanjut) dari Kongres Misi Nasional 2019. Konsepnya adalah membuat Sekolah Misi, yang akan membidik orang-orang muda yang mau menjadi Katolik yang cerdas, tangguh, gembira dan misioner, dengan harapan bahwa mereka akan membina diri untuk berakar kuat dalam iman akan Allah Bapa melalui Yesus Kristus dalam Roh Kudus, bertumbuh dalam persaudaraan imani, berkembang dalam kegembiraan iman, berbuah limpah dalam keutamaan, serta berdaya pikat membuat orang lain terpesona pada Kristus.

Menyambut Bulan Misi Luar Biasa Oktober 2019
Paus Fransiskus telah mencanangkan Oktober 2019 sebagai Bulan Misi Luar Biasa, untuk itu setiap peserta yang dikelompokkan dalam 37 keuskupan ditambah dengan kelompok awam misioner dan penggiat media sosial diminta melakukan diskusi dan membuat rencana atau rumusan mengenai apa yang akan mereka lakukan menyambut perayaan Bulan Misi Luar Biasa Oktober 2019 tersebut. Diberikan pula tantangan pada semua peserta kongres untuk mengirimkan foto dan artikel singkat acara tersebut untuk di-publish di website dan media sosial, dengan menggunakan hashtag: #bulanmisi2019.

Karya Kepausan Indonesia: http://www.karyakepausanindonesia.org
Pada akhir sesi, Dena Sukiato memperkenalkan website resmi Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia. Karya Kepausan Indonesia merupakan lembaga internasional yang membantu Paus dan seluruh Gereja yang sedang berkembang dalam pewartaan Kabar Gembira. Tim BN KKI bekerja untuk menggaungkan semangat misi ke seluruh pelosok tanah air. Website ini berisi: pesan-pesan Bapa Paus yang diterjemahkan langsung dari Berita Vatican ke dalam bahasa Indonesia; renungan misioner yang ditayangkan rutin setiap hari sesuai dengan bacaan liturgi namun memuat semangat misi, yang ditulis oleh imam-imam dari berbagai keuskupan serta awam misioner pegiat misi; missionary quotes yang merupakan foto disertai kutipan dari dokumen-dokumen Gereja seperti Evangelii Gaudium, Gaudete et Exsultate, Redemptoris Missio, Maximum Illud; bahan pendampingan untuk pendamping/pembina SEKAMI, BIA maupun Pendampingan Iman Anak; missionary questions yang berisi pertanyaan dan jawaban seputar misi; e-book Majalah Missio; liputan kegiatan misioner serta juga informasi mengenai empat serikat yang ada dalam KKI.

DSCN5875

(Angel – Karya Kepausan Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s