Bersaksi Bersama untuk Kristus dan Injil

Bapa Paus kepada Metodis: Kita dapat menawarkan jawaban bersama bagi penderitaan kaum yang termiskin
Paus Fransiskus mengirim salam untuk Sinode Persatuan Metodis dan Gereja-Gereja Waldensia, yang berlangsung minggu ini di Torre Pellice (Turin).

Dalam sebuah surat kepada Persatuan Metodis dan Gereja-Gereja Waldensia, Paus Fransiskus mengatakan dia berdoa untuk mereka, “agar pada hari-hari pertemuan, doa dan refleksi ini” mereka dimampukan untuk “memiliki pengalaman yang hidup oleh Roh Kudus, yang menjiwai dan memberi kekuatan kepada kesaksian Kristen.”

Bapa Suci mengatakan bahwa ia bergabung dengan mereka dalam doa mereka untuk “konsolidasi semangat ekumenis di antara orang-orang Kristen, serta persekutuan yang berkembang di antara Gereja-Gereja kita.” Paus Fransiskus mendesak tentang urgensi kesaksian otentik kepada Kristus dan Injil yang hanya mungkin terjadi dengan mengejar satu kesatuan niat dan tindakan, dengan mengatakan “kita dipanggil untuk melanjutkan komitmen kita di jalur pengetahuan, pengertian, dan kolaborasi timbal balik, untuk menjadi saksi bagi Yesus dan Injil kasih-Nya.”

Sebelum memberikan berkatnya kepada para peserta dalam Sinode, Paus mengatakan bahwa “sebagai murid Kristus, kita dapat menawarkan tanggapan bersama terhadap penderitaan yang menimpa begitu banyak orang, terutama yang termiskin dan terlemah, dan mempromosikan keadilan dan perdamaian.”

Karya Sinode
Persatuan Gereja Methodis dan Waldensia didirikan pada 1975 ketika Gereja Evangelikal Waldensian (yang berawal sebelum Reformasi Protestan) bergabung dengan Gereja Evangelikal Metodis di Italia. Jumlahnya sekitar 50.000 penganut, dengan mayoritas di Italia, dan populasi besar di Argentina dan Uruguay.

Sinode dimulai dengan suatu kebaktian di mana para calon pendeta, setelah menyelesaikan studi mereka dan setelah ujian umum, berkomitmen untuk melayani di Gereja, dan dikuduskan dengan penumpangan tangan.

Sinode tahun ini akan membahas berbagai masalah, termasuk kebebasan beragama; Hubungan Gereja-Negara; komitmen sosial dan komunitas; “Diakonia Global”; hak asasi Manusia; masa kini dan masa depan dari apa yang disebut “generasi antarbudaya” dan Gereja-Gereja lokal; serta ekumenisme dan dialog ekumenis.

Pada akhir Sinode, seorang moderator baru akan dipilih untuk menggantikan Eugenio Bernardini. Moderator berfungsi sebagai pemimpin di Tavola valdese, “Tabel Waldensia”, yang mewakili Gereja-Gereja Methodis dan Waldensia dalam hubungan dengan negara dan dengan organisasi-organisasi ekumenis.

26 Agustus 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s