Perjumpaan Sejati dalam Martabat Manusia

Paus kepada otoritas Mauritius dan masyarakat sipil: Teks lengkap
Paus Fransiskus berbicara kepada pihak berwenang, perwakilan masyarakat sipil, dan korps diplomatik Republik Mauritius. Terjemahan bahasa Inggris resmi dari pernyataannya adalah sebagai berikut:

Pidato Yang Mulia Bapa Paus Fransiskus
Pertemuan dengan Pihak yang Berwenang
Port Louis, Istana Kepresidenan

Senin, 9 September 2019
Bapak Presiden,
Bapak Perdana Menteri,
Anggota Pemerintah yang Terhormat dan Korps Diplomatik,
Perwakilan Masyarakat Sipil yang terhormat
dan berbagai Aliran Agama,
Para perempuan dan laki-laki,

Salam hangat kepada otoritas Negara Mauritius dan saya mengucapkan terima kasih atas undangan untuk mengunjungi negara Anda. Saya berterima kasih kepada Perdana Menteri atas kata-kata sambutannya yang baik yang dia dan Presiden berikan kepada saya. Saya menyapa para Anggota Pemerintah, perwakilan masyarakat sipil, dan Korps Diplomatik. Saya juga menyadari kehadiran di antara kita, perwakilan dari penganut Kristen lainnya dan kehadiran dari berbagai agama yang ada di Mauritius, dan saya berterima kasih kepada semuanya dalam persaudaraan.

Berkat kunjungan singkat ini, saya merasa senang bertemu dengan orang-orang Anda, yang dikenal tidak hanya karena keragaman budaya, etnis, dan agama, tetapi terutama untuk keindahan yang lahir dari kemampuan untuk mengakui, menghormati, dan menyelaraskan perbedaan yang ada dalam pandangan karya bersama. Hal ini meringkas sejarah umat Anda, yang lahir dari kedatangan migran dari berbagai cakrawala dan benua yang membawa tradisi, budaya, dan agama mereka sendiri, dan secara bertahap belajar diperkaya oleh perbedaan orang lain dan menemukan cara hidup bersama serta berjuang untuk membangun masyarakat yang berkomitmen demi kebaikan bersama.

Dalam hal ini, Anda memiliki suara yang berwibawa, yang telah mengambil bagian dalam kehidupan. Sebuah suara yang dapat mengingatkan kita bahwa merupakan hal yang mungkin untuk mencapai perdamaian abadi ketika kita memulai dengan keyakinan bahwa “keragaman adalah hal yang indah bila kita dapat terus-menerus masuk ke dalam proses rekonsiliasi dan menyematkan semacam perjanjian budaya yang menghasilkan ‘keragaman yang direkonsiliasi’” (Evangelii Gaudium, 230). Hal ini pada gilirannya berfungsi sebagai dasar kesempatan untuk membangun persekutuan sejati dalam keluarga manusia yang lebih besar, tanpa merasa perlu meminggirkan, mengecualikan, atau menolak siapapun.

DNA orang-orang Anda menyimpan ingatan akan gerakan migrasi yang membawa leluhur Anda ke pulau ini dan membuat mereka terbuka terhadap perbedaan, mengintegrasikan, dan mempromosikannya untuk kepentingan semua. Untuk alasan ini, saya mendorong Anda, dengan kesetiaan pada akar Anda, untuk mengambil tantangan dalam menyambut dan melindungi para migran yang hari ini datang mencari pekerjaan dan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi keluarga mereka. Berusahalah untuk menyambut mereka, dengan mengikuti contoh leluhur Anda, yang saling menyambut. Jadilah protagonis dan pembela budaya perjumpaan sejati yang memungkinkan migran (dan semua orang) dihormati dalam martabat dan hak-hak mereka.

Mengingat kembali sejarah umat Anda baru-baru ini, saya ingin memberikan penghormatan pada tradisi demokrasi yang mengakar setelah kemerdekaan Anda dan yang membantu menjadikan Mauritius surga damai. Saya menyampaikan harapan bahwa seni demokrasi yang hidup ini dapat ditumbuhkan dan dikembangkan, terutama dengan menolak segala bentuk diskriminasi. Untuk “kehidupan politik yang otentik, yang didasarkan pada hukum dan dalam hubungan yang jujur serta adil antara individu, mengalami pembaruan setiap kali kita meyakini bahwa setiap perempuan, laki-laki dan setiap generasi membawa janji energi relasional, intelektual, budaya dan spiritual baru” (Pesan untuk 2019 Hari Perdamaian Dunia, 1 Januari 2019). Semoga Anda yang terlibat dalam kehidupan politik Republik Mauritius menjadi contoh bagi laki-laki dan perempuan yang mengandalkan Anda, dan khususnya bagi kaum muda. Dengan perilaku dan tekad Anda untuk memerangi semua bentuk korupsi, semoga Anda menunjukkan keagungan komitmen Anda dalam melayani demi kebaikan bersama, dan selalu layak atas kepercayaan yang diberikan kepada Anda oleh sesama warga negara.

Sejak kemerdekaannya, negara Anda telah mengalami perkembangan ekonomi yang stabil yang tentunya harus menjadi alasan untuk bersukacita, tetapi juga untuk terus berjaga-jaga. Dalam konteks saat ini, tampaknya pertumbuhan ekonomi tidak selalu menguntungkan semua orang dan bahkan menyisihkan – dengan mekanisme dan proses tertentu – sejumlah orang, terutama kaum muda. Itulah sebabnya saya ingin mendorong Anda untuk mempromosikan kebijakan ekonomi yang berfokus pada orang-orang dan dalam posisi untuk mendukung pembagian pendapatan yang lebih baik, penciptaan lapangan kerja dan promosi integral orang miskin (lih. Evangelii Gaudium, 204). Untuk mendorong Anda agar tidak menyerah pada godaan model ekonomi yang menyembah berhala yang berhasrat pada kebutuhan untuk mengorbankan hidup manusia di atas altar spekulasi dan keuntungan sendiri, dengan mempertimbangkan hanya keuntungan langsung yang merugikan perlindungan orang miskin, lingkungan, dan sumber dayanya. Perlu untuk melangkah maju dengan pendekatan konstruktif, seperti yang ditulis Kardinal Piat pada peringatan 50 tahun kemerdekaan Mauritius, bekerja untuk konversi ekologis yang integral. Konversi yang berusaha tidak hanya untuk menghindari fenomena iklim yang mengerikan atau bencana alam yang ekstrem, tetapi juga untuk mempromosikan perubahan dalam cara kita hidup, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat benar-benar bermanfaat bagi semua orang, tanpa risiko menyebabkan bencana ekologis atau krisis sosial yang serius.

Saudara-saudara, saya ingin menyampaikan penghargaan saya atas cara di Mauritius ini, di mana agama-agama yang berbeda, seraya menghormati identitas khusus mereka, bekerja bahu-membahu untuk berkontribusi pada harmoni sosial dan untuk menegakkan nilai transenden kehidupan terhadap setiap jenis reduksionisme. Dan sekali lagi saya menyatakan keinginan umat Katolik Mauritius untuk terus berpartisipasi dalam dialog yang bermanfaat ini yang telah begitu dalam menandai sejarah umat Anda. Terima kasih atas kesaksian Anda.

Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas sambutan hangat Anda. Saya memohon Tuhan untuk memberkati umat Anda dan setiap upaya yang Anda lakukan untuk mendorong perjumpaan berbagai budaya, peradaban, dan tradisi agama yang berbeda dalam mempromosikan masyarakat yang adil, yang tidak melupakan kaum mudanya dan, terutama, mereka yang paling rentan. Semoga cinta dan kasih sayang Tuhan terus menemani Anda dan melindungi Anda!

09 September 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s