Evangelis Patuh pada Panggilan Tuhan

Paus kepada Komunitas Abramo: Jadilah evangelis, percayalah pada Tuhan
Paus Fransiskus bertemu dengan para anggota Komunitas Abramo, dan mendesak mereka untuk menjadi seperti Abraham, yang menaruh kepercayaan pada Tuhan, dan mampu meninggalkan rumahnya untuk pergi ke tempat-tempat yang tidak diketahuinya.

“Anda mengusung nama yang menantang”, kata Paus Francsiskus ketika berbicara kepada anggota Komunitas Abramo – di Roma saat merayakan 30 tahun berdirinya komunitas. “Abramo”, bahasa Italia untuk “Abraham”, mengilhami jalan menuju evangelisasi yang mana “Anda dipanggil untuk melaksanakannya”.

Jangan takut untuk terinspirasi oleh Patriark Abraham yang agung. Semoga kehidupan dan tindakannya mengajar setiap anggota “pertama-tama, untuk mematuhi panggilan Tuhan”.

Kehadiran Tuhan
Paus Fransiskus melanjutkan dengan menjelaskan bahwa tidak masalah “bagaimana dan dalam keadaan apa Tuhan hadir dalam hidup Anda” karena “Dia sendirilah yang mengetahui tempat dan waktu untuk bertemu setiap individu”.

Kehenian mendengarkan
Paus menekankan pentingnya mendengarkan Tuhan. “Keheningan mendengarkan”, diperlukan untuk “memahami” firman-Nya.

Merupakan hal yang penting untuk menemukan “momen keheningan sejati dalam hidup Anda; ini adalah rahasia untuk dapat mendengarkan Tuhan berbicara.”

Untuk menjadi evangelis
Iman Abraham, “menuntunnya untuk meninggalkan tanah dan rumahnya” dan menuju ke suatu tempat yang, meskipun tidak diketahui olehnya, “dijamin oleh janji Allah”.

“Untuk menjadi evangelis”, seseorang harus melakukan seperti yang dilakukan Abraham dan “percaya pada Tuhan”. Penting untuk “pergi keluar untuk menemui mereka yang Tuhan tempatkan di jalan kita”.

Melampaui harapan manusia
“Iman Abraham membuahkan hasil di luar semua harapan manusia. Dan, penggenapannya itu di dalam Yesus, melalui seorang putri Abraham yang sederhana, Perawan Maria.”

Akhirnya, Paus mendesak semua anggota komunitas Abramo untuk “maju, dalam iman dan kasih amal, terutama untuk mereka yang paling terpinggirkan dan miskin, selalu percaya pada janji Tuhan”.

14 September 2019
Oleh: Francesca Merlo
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s