Sebuah Dunia yang Aman untuk Anak-Anak

Perlindungan harus mengakar dalam kehidupan Gerejawi di seluruh dunia
Sidang Paripurna Biasa ke-11 Komisi Kepausan untuk Perlindungan Anak-anak berakhir di Roma, menekankan perlunya memasukkan hal pengamanan anak di bawah umur ke dalam kehidupan Gereja di tingkat global.

Sidang Paripurna memulai sesi dengan mendengarkan kesaksian yang kuat dari seorang pria Brasil, yang menderita pelecehan klerus dan pelecehan dalam keluarganya.

Membangun hubungan
Sebelum memulai pekerjaan Sidang Paripurna, anggota Komisi berpartisipasi dalam pertemuan yang bertujuan untuk membangun hubungan dengan berbagai departemen dan kantor Vatikan, untuk memfasilitasi kerja Perlindungan di semua tingkat dalam Gereja.

Menurut siaran pers yang diadakan pada kesimpulan Sidang, ada kebutuhan yang berkelanjutan untuk budaya dan misi Perlindungan untuk secara sistematik tertanam ke dalam kehidupan Gereja di seluruh dunia.

Dalam hal ini, Komisi Kepausan terlibat dalam tiga Kelompok Kerja khusus: Bekerja dengan Korban, Formasi dan Pendidikan, serta Pedoman dan Norma Perlindungan.

Bekerja dengan para korban
Pekerjaan Komisi dengan para korban terus berlanjut, melalui berbagai strategi, untuk mengembangkan platform bagi Gereja untuk mendengarkan suara-suara orang yang telah dilecehkan, dan bekerja untuk mengintegrasikan suara-suara para korban dan orang-orang yang selamat ke dalam kehidupan dan misi Gereja.

Formasi dan pendidikan
Para anggota terus menawarkan formasi dan pendidikan dalam berbagai cara dan di seluruh dunia dalam menanggapi permintaan dari Konferensi Episkopal, keuskupan individu, Institut untuk Kehidupan Bakti dan Lembaga Kehidupan Kerasulan dan Pergerakan dan Asosiasi Gerejawi.

Pedoman Perlindungan
Mengerjakan Pedoman dan Norma Perlindungan untuk Promosi Perlindungan Anak telah menghasilkan beberapa inisiatif. Ini termasuk pengembangan dan penyempurnaan berkelanjutan dari alat audit. Juga, mengikuti undang-undang baru-baru ini, perhatian khusus telah diberikan pada signifikansi yang muncul dan definisi “orang dewasa yang rentan”.

Sebuah dunia yang lebih aman untuk anak-anak
Mengingat momen khusus ini dalam sejarah Gereja dan peringatan 30 tahun Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hak-hak Anak yang akan datang, Komisi Kepausan untuk Perlindungan Anak-anak membarui komitmennya yang tak tergoyahkan untuk berkontribusi pada dunia yang aman bagi anak-anak dan orang dewasa yang rentan.

16 September 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s