Katakan Kebenaran Apapun Risikonya

Pesan Paus kepada Pers Katolik: Berikan suara kepada mereka yang tidak memilikinya
Paus Fransiskus bertemu dengan Persatuan Pers Katolik Italia dan mengingatkan mereka bahwa melalui kata-kata damai mereka dapat membantu orang lain membedakan yang baik dari yang jahat.

Paus Fransiskus memulai dengan mendorong anggota Pers Katolik Italia untuk membawa impian pendiri mereka, yang, menurut Statuta mereka, adalah: “asosiasi profesional dan gerejawi yang diilhami oleh pelayanan orang-orang, Injil dan Magisterium Gereja”.

Kebaikan dari kejahatan
Wartawan, adalah “pencatat sejarah”. Paus mendesak mereka yang hadir untuk “menjadi nurani” jurnalisme yang membedakan “kebaikan dari kejahatan” dan “memilih manusia dari yang tidak manusiawi”.

“Katakan kebenaran apa pun risikonya”, selalu “bersikap hormat dan tidak pernah sombong”.

Kata-kata yang membentuk dunia
Paus kemudian mengungkapkan pentingnya “kata-kata yang nyata di tengah-tengah begitu banyak kata-kata kosong”. Karena, “kata-kata Anda mengisahkan dan membentuk dunia” Cerita Anda dapat menghasilkan ruang, ini bisa menjadi ruang yang mempromosikan kebebasan atau perbudakan; tanggung jawab atau ketergantungan pada kekuasaan.

Hanya dengan menggunakan kata-kata “perdamaian, keadilan dan solidaritas” dapat dibangun masyarakat yang lebih adil dan mendukung. Karena itu, “semoga Anda berkontribusi untuk mengungkap kata-kata yang salah dan merusak”.

Memprioritaskan
Paus kemudian berbicara tentang tugas-tugas sulit yang dihadapi wartawan di era digital. Dengan web, Anda harus “mengidentifikasi sumber yang dapat dipercaya, mengontekstualisasikan, menafsirkan, dan, di atas semua, memprioritaskan”.

“Jangan takut untuk membalik urutan berita”, untuk “memberikan suara kepada mereka yang tidak memiliki”.

23 September 2019
Oleh: Francesca Merlo
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s