Iman: Dasar Pengharapan Kebangkitan dan hidup Kekal

Renungan Harian Misioner
Sabtu Biasa XXX, 02 November 2019
Pengenangan Arwah Semua Orang Beriman
2Mak. 12:43-46; Mzm. 130:1-2,3-4,5-6a,6-7,8; 1Kor. 15:12-34; Yoh. 6:37- 40

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di pekan ke-1 bulan November 2019 ini. Bertepatan dengan Hari Mengenang Arwah Semua Orang Beriman, kita diajak mendoakan semua orang yang telah meninggal dunia. Menyimak makna perayaan berbasis iman ini dari sudut pandang bacaan-bacaan suci hari ini, kita dihantar menyadari bahwa Perayaan 2 November sebenarnya bukan hanya hari mengenang semua orang yang telah meninggal dunia. Perayaan sekaligus makin memperkokoh keyakinan iman kita akan kebangkitan setelah kematian dan kehidupan kekal di Surga.

Bacaan-bacaan suci yang diperdengarkan kepada kita hari merupakan bagian dari sekian banyak teks dalam Alkitab yang berbicara tentang kebangkitan. Patut diakui bahwa tema-tema permenungan seperti ini (Kebangkitan pada akhir zaman) membutuhkan keyakinan iman tersendiri karena semua kita yang masih hidup di dunia ini belum menyaksikan langsung pemenuhan janji Allah di akhirat nanti. Namun hal ini bukan berarti bahwa kebenaran akan kebangkitan dan kehidupan abadi di Surga masih dipertanyakan. Paling kurang ada beberapa peneguhan yang meyakinkan kita akan kebenaran tersebut.

Pertama, jaminan hidup kekal dijanjikan oleh Allah Mahakuasa pencipta dan penyelenggara alam semesta yang sudah berulangkali mewujudkan janji-janji-Nya kepada manusia dalam perjalanan sejarah. Janji keturunan kepada Abraham telah dibuktikan. Janji perlindungan Umat Israel telah dibuktikan. Janji mengirim Putra-Nya menebus manusia dari dosa-dosa telah diwujudnyatakan secara nyata melalui Putra-Nya, dll.

Inilah garansi iman yang meneguhkan kita untuk semakin percaya teguh bahwa janji kebangkitan orang mati setelah kematian dan jaminan kebahagiaan abadi itu benar adanya karena dijanjikan oleh Allah Sang Kebenaran Sejati yang sudah terbukti setia memujudnyatakan janji-janji-Nya sepanjang sejarah. Atas dasar inilah kita percaya bahwa janji kebangkitan dari Bapa melalui Yesus sebagaimana dinyatakan melalui Injil hari ini akan diwujudnyatakan: “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman” (Yoh. 6:40).

Kedua, ada sekian banyak mukjizat termasuk mukjizat membangkitkan orang mati sudah pernah dilakukan Yesus selama hidup-Nya di dunia. Kisah Yesus membangkitkan Putri Yairus, Lazarus dan Pemuda di Nain yang sudah meninggal menjadi bukti nyata bahwa Allah memiliki kuasa Ilahi di atas kemampuan daya pikir manusia yang mampu membangkitkan manusia dari kematiannya. Dan kebangkitan Yesus sendiri dari alam maut menjadi jaminan akan kebenaran janji kebangkitan manusia di akhirat nanti.

Ketiga, ada sekian banyak teks biblis di Alkitab baik di Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru yang membuktikan kebenaran pemenuhan ramalan dan penglihatan yang ditampakkan Allah sebelum suatu peristiwa terjadi. Maka kita percaya bahwa penglihatan Santo Yohanes yang ada di Wahyu tertulis kumpulan orang kudus di Surga, sebagaimana tertera di bacaan pertama pada Pesta Semua Kudus kemarin, menjadi suatu peneguhan iman bagi kita juga akan adanya kehidupan kekal setelah kematian.

Jadi semua hal di atas menjadi bukti kedahsyatan ke-Mahakuasaan Allah yang mampu melakukan segala sesuatu baik yang bisa dipahami oleh akal manusia, maupun yang tak bisa dipahami namun nyata. Bukti-bukti historis tersebut semakin meneguhkan kita untuk percaya bahwa Allah yang kita Imani adalah Allah yang Mahakuasa, sanggup melakukan apa yang dikehendaki dan dijanjikan-Nya termasuk janji kebangkitan dan kehidupan kekal. Yang dibutuhkan di sini adalah keyakinan iman dari pihak kita bahwa janji itu benar dan akan dipenuhi Allah: Iman adalah dasar dari segala yang kita harapkan dan bukti dari segala yang tak terlihat (Ibr. 11:1).

Keyakinan semacam ini membantu kita bukan hanya membantu kita membangun harapan akan hidup kekal di kemudian hari nanti, namun menjadi sauh yang kokoh bagi kita untuk menaruh harapan pada penyelenggaraan Tuhan sepanjang ziarah hidup kita di dunia kerena Allah yang kita Imani adalah penjamin hidup baik di dunia nyata sekaran maupun di dunia akhirat nanti. Maka semakin mengalami karya kemahakuasaan Tuhan dalam hidup di dunia nyata akan semakin meyakinkan kita pula akan pemenuhan janji hidup akhirat karena janji itu diberikan oleh Tuhan yang satu dan sama yang kita andalkan di dalam ziarah hidup di dunia.

Semoga perayaan-perayaan iman ini semakin meneguhkan keyakinan kita akan adanya kebangkitan, dan semakin mengarahkan hidup kita pada jalan menuju kebahagiaan abadi di Surga nanti. Amin.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dialog dan Rekonsiliasi di Timur Tengah: Semoga semangat berdialog, bekerjasama dan rekonsiliasi tumbuh di wilayah Timur Tengah, di mana beragam komunitas agama dapat saling membagikan hidup dalam kebersamaan mereka. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Doa para lansia: Semoga para lansia tetap mampu memaknai hidupnya dan menjadi teladan karena mau berdoa dan terus belajar berdoa bagi kebutuhan Gereja dan Masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Semoga umat di Keuskupan kami semakin menghayati Kristus sebagai Raja mereka serta mengikuti jejak-Nya bertindak bijaksana dalam mewartakan Kabar Gembira dan mewujudkan Kerajaan Allah. Kami mohon…

Amin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s