Orang Muda Berakarlah Pada Iman dan Bergeraklah!

Paus mengirim pesan untuk pertemuan Orang Muda di Polandia
Komunitas Taize mensponsori pertemuan orang-orang muda Eropa ke-42, yang berlangsung di Wroclaw, Polandia.

Ribuan anak muda saat ini berkumpul di kota Polandia Wroclaw untuk pertemuan orang-orang muda Eropa ke-42, yang disponsori oleh Komunitas Taize, yang berlangsung dari tanggal 28 Desember 2019 hingga tanggal 1 Jan 2020. Ini adalah ketiga kalinya Wroclaw menjadi tuan rumah kegiatan, dan secara keseluruhan merupakan kali kelima pertemuan diselenggarakan di Polandia.

Pertemuan tahunan Eropa, menurut situs Taize, “adalah bagian dari ‘sebuah ziarah iman di bumi’ yang dipimpin oleh Taize selama lebih dari empat puluh tahun.” Peserta diberi kesempatan untuk “berdoa bersama-sama, menjadi bagian dari sebuah Gereja lokal… dan untuk mengeksplorasi tema-tema seperti: saling pengertian antar sesama, perdamaian, pertanyaan-pertanyaan mengenai iman dan komitmen sosial.”

Tema khusus untuk pertemuan tahun ini adalah “Selalu bergerak, jangan pernah tercerabut.”

Iringan doa
Paus Fransiskus, seperti yang dilakukannya setiap tahun, telah mengirim pesan ke para peserta, ditandatangani oleh Kardinal Sekretaris Negara, Pietro Parolin. Mengingat bahwa pertemuan itu berlangsung di Polandia, tanah air Paus St. Yohanes Paulus II, Kardinal Parolin mengatakan bahwa “penggantinya, yaitu Paus Fransiskus” menemani mereka dalam doa, dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih dalam tema yang dipilih untuk acara tersebut.

Berakar pada Iman, dipanggil untuk menjangkau
Kardinal Parolin mendorong orang muda untuk belajar dari contoh yang mereka miliki, “untuk bersama-sama menemukan sampai sejauh mana mereka berakar pada panggilan iman mereka dan untuk mempersiapkan diri mereka menjangkau orang lain, untuk merespon tantangan-tantangan baru dari masyarakat kita, terutama bahaya yang membebani bumi kita bersama”.

Paus mengatakan bahwa, seperti halnya Abraham, orang-orang muda “akan menemukan ada banyak sukacita dalam melakukan suatu perjalanan, kadang-kadang… tanpa mengetahui tujuan perjalanan tersebut di awal. Selalu siap untuk keberangkatan baru, untuk menjadi saksi Injil, dan untuk sepenuhnya hadir bagi orang-orang di sekitar kalian, terutama yang paling miskin dan paling malang”.

Kardinal Parolin meyakinkan orang-orang muda bahwa Paus Fransiskus mengirimkan berkatnya kepada mereka semua, untuk komunitas Taize dan kepada keluarga dan paroki yang akan menjadi tuan rumah mereka selama waktu pertemuan tersebut. Kardinal mengakhiri pesan dari Paus Fransiskus dengan harapan bahwa “iman Maria, termasuk pergi dengan ‘tergesa-gesa’ [untuk mengunjungi Elisabet; bdk. Luk. 1:39), dapat menopang iman kalian pada Anaknya”.

27 Desember 2019
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s