Membaptis Anak – Memberinya Harta: “Roh Kudus”

Paus Fransiskus membaptis anak-anak di Kapel Sistine
Pada Hari Raya Pembaptisan Tuhan, Paus Fransiskus merayakan Misa di Kapel Sistine, dan membaptis 32 anak.

Mengikuti tradisi lama, Paus Fransiskus merayakan Misa untuk Pesta Pembaptisan Tuhan di Kapel Sistine pada hari Minggu. Perayaan ini memperingati baptisan Yesus di Sungai Yordan yang dilakukan oleh sepupunya, Santo Yohanes Pembaptis.

Selama upacara, Bapa Suci membaptis lebih dari tiga puluh anak yang lahir pada tahun lalu untuk keluarga staff Vatikan dan diplomat yang diakreditasi oleh Takhta Suci.

Sebuah Tindakan keadilan
Dalam homilinya, tepat sebelum upacara Pembaptisan, Paus Fransiskus mengingat kata-kata Yesus ketika ditanya oleh Yohanes mengapa Tuhan datang kepadanya untuk dibaptis: ““Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah”.

“Membaptis anak adalah tindakan keadilan, karena dalam baptisan kita memberinya harta, kita memberi mereka janji: Roh Kudus”. Paus mengatakan penting untuk membaptis anak-anak, “sehingga mereka tumbuh dewasa dengan kuasa Roh Kudus”.

Paus juga mendesak mereka “untuk menjaga agar anak-anak tersebbut tumbuh dengan cahaya, dengan kuasa Roh Kudus, melalui katekese, bantuan, pengajaran, contoh yang Anda berikan di rumah”.

Ini, “adalah pesan yang ingin saya sampaikan kepada Anda hari ini”.

Sebuah homili yang indah
Paus Fransiskus juga menunjukkan kepedulian pastoralnya kepada keluarga muda, mengatakan kepada mereka untuk tidak khawatir jika anak-anak mereka membuat keributan selama upacara. “Anak-anak tidak terbiasa datang ke [Kapel] Sistine. Ini pertama kalinya untuk mereka”. Jika mereka mulai menangis, cobalah untuk membuat mereka nyaman, tetapi jangan khawatir jika mereka tidak berhenti. “Anak-anak adalah paduan suara”; jika seseorang mulai membuat keributan, mereka semua bergabung. “Jangan marah! Ketika seorang anak menangis di Gereja, itu adalah homili yang indah”.

Paus kemudian mengakhiri homilinya, “Jangan lupa, engkau mengandung Roh Kudus di dalam anak-anak”.

12 Januari 2020
Oleh: Christopher Wells
Sumber: Vatican News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s