Aku Bintang Misioner, Aku Mewartakan Injil

Bina Iman Anak dan Bina Iman Remaja se-Dekenat Selatan merayakan Hari Anak Misioner sedunia ke-177 di Paroki St. Fransiskus Asisi, Cibadak, Minggu, 12 Januari 2020. Bersamaan dengan Pesta pembaptisan Tuhan.

Kegiatan dimulai dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh moderator KKI Dekenat Selatan Pastor Ignatius Widiaryoso OFM.

Turut menemani Moderator KKI adalah Pastor Bonefasius OFM (Pastor Paroki St. Petrus Cianjur), RD. Augustinus Hardono (Pastor Vikaris Paroki St. Joseph Sukabumi), RD. Marcus Santoso (Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi, Cibadak), tuan rumah, RD. Yosef Irianto Segu (Dirdios).

Photo.6

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

  • Memperteguh jiwa misioner anak dan remaja
  • Menanamkan nilai cinta, setia kawan, doa dan kurban pada anak dan remaja.
  • Mempersatukan anak dan remaja se-Dekenat Selatan
  • Meneladani semangat orang majus

Dalam kotbahnya Pastor Widi berpesan : “tugas orang tua menjaga iman anak, salah satunya dengan membaptis. Jaga iman anak agar mereka juga mampu mempertahankan iman dimanapun nanti mereka berada. Jangan sekali-kali orang tua berbuat kasar pada anak, baik melalui perkataan atau kekerasan fisik. Orang tua juga patut memberi dukungan pada kegiatan iman anak, misal : kegiatan seperti hari ini yang sedang kita rayakan bersama. Semoga anak-anak mempunyai pengalaman iman yang mampu memperkokoh iman katolik.”

Dalam perayaan ini peserta menggunakan pakaian yang melambangkan warna 5 benua. Cipanas berpakaian merah, Cianjur berpakaian kuning, Sukabumi berpakaian hijau, Cibadak berpakaian biru, Cicurug berpakaian putih. Petugas liturgi pun dilaksanakan oleh peserta dari 5 paroki.

Pada liturgi persembahan anak-anak mempersembahkan hasil celengan yang telah dilakukan selama 1 tahun dan nantinya akan diberikan pada yang membutuhkan sebagai bentuk derma.

Usai perayaan ekaristi dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diisi dengan berbagai acara hiburan antar lain : yel-yel, pentas seni dari masing-masing paroki, doorprize, sambutan-sambutan dan santap siang.

Serangkaian acara diakhiri dengan foto bersama Dirdios dan moderator untuk para peserta dari paroki-paroki, dilanjutkan dengan operasi semut, pembagian goody bag untuk semua peserta yang berjumlah 400 orang. Dirdios berkenan menutup dengan doa dan berkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s