Menjadi Bintang dan Terang dalam keluarga

Minggu pagi, 19 Januari 2020: 510 Remaja dan 139 Pendamping dari 41 Paroki berkumpul di SLB-B Pangudi Luhur, Pesanggrahan, untuk mengikuti acara Hari Anak Misioner Se dunia ke 177, yang diadakan oleh KKI Keuskupan Agung Jakarta.

Komunitas Bruder FIC melalui Br Sudarman FIC menyiapkan tempat bagi penyelenggaraan acara, dan BIR dari Dekenat Barat 1 menjadi panitia penyelenggaranya.

Diawali Misa Konselebrasi Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo (Uskup Keuskupan Agung Jakarta), RD Markus Nur Widipranoto (Direktur Nasional KKI-KKM KWI) serta RD Yohanes Raditya Wisnu Wicaksana (Direktur Diosesan KKI KAJ) – yang akrab kita sapa dengan Romo Inung. Pada kata pembuka, Bapa Kardinal mengatakan: “….kita dipanggil untuk menjadi pribadi yang kudus, seperti dikatakan Rasul Paulus. Supaya dapat menjadi terang seperti dikatakan oleh Nabi Yesaya, pada bacaan pertama, dan demikian dapat menjadi saksi-saksi Kristus sebagaimana dikatakan dalam Injil Yohanes…”

KAJ#1

Saat Homili, Bapa Kardinal memberi kuis dengan pertanyaan tentang kata apa yang diucapkan saat pembukaan tadi. Hadiahnya 3 buah Kitab Suci Untuk Anak-anak Interaktif. 3 “Bintang Misioner” yang berhasil mendapatkan hadiah, yaitu Christo, Semi dan Surya diajak ke ruang ganti Romo setelah Misa.

Di akhir Homili Bapa Kardinal berpesan agar Anak-Anak Dan Remaja Misioner bertumbuh dalam kekekudusan: Menjadi Bintang Misioner dan menjadi Pewarta Injil artinya:   Menjadi Suci, Menjadi  Terang, Menjadi Saksi: Di dalam keluarga, di sekolah dan dimanapun mereka berada. Dengan cara 2D2K: Doa, Derma, Kurban, dan Kesaksian

Setelah Misa Konselebrasi, para peserta menari dan menyanyi lagu “Aku Bintang Misioner” Ciptaan Sr Theresia Asia Lori M, OSU dan Lagu 2D2K.

2D2K tidak hanya dinyanyikan, namun dibuat dinamika kelompok. Dibentuk 4 kelompok/pos. Dalam Pos Doa, ada games kepekaan, intinya kita bila kita terus menerus berkomunikasi dengan Tuhan, akan terlatih kepekaan untuk mendengarkan jawaban Tuhan. Dalam Pos Derma: games tentang berbagi. Pada Pos Kurban peserta mengikuti games yang intinya merasakan proses untuk mencapai tujuan bersama, dan pada Pos Kesaksian peserta diajak berani mengungkapkan perasaan ketika mewartakan Kabar Sukacita.

Tentunya seperti tujuan semula. 2D2K tidak hanya ada di dalam Homili, dalam lagu, dan dalam games, tapi diwujudkan dalam hidup sehari-hari, menjadi jiwa kita, dengan demikian kta bisa menjadi Bintang Misioner, yang mewartakan Injil.

 

Ani Arnold
Sekretaris KKI KAJ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s