Misionaris Memberitakan Firman Tuhan kepada Semua Orang

Renungan Harian Misioner
Rabu, 29 Januari 2020
P. S. Joseph Freinademetz
2Sam. 7:4-17; Mzm. 89:4-5,27-28,29-30; Mrk. 4:1-20

Renungan Misioner dari Yung-Fo

Para sahabat misioner yang terkasih, shalom! Keselamatan yang dari Tuhan itu bersifat universal. Keselamatan itu ditawarkan kepada semua orang. Ada yang ditawarkan secara langsung. Ada yang ditawarkan secara tidak langsung, misalnya melalui media pewartaan yang kita kenal sebagai “perumpamaan.” Semua orang tanpa kecuali, mendapatkan kesempatan untuk memperoleh keselamatan ini. Dua pengalaman dari Firman Tuhan yang kita bacakan hari ini, mengantar kita untuk memahami cara-cara bagaimana Allah menawarkan keselamatan-Nya ini.

1. Pengalaman Daud & Para murid Yesus
Daud dan para murid Yesus termasuk dalam kelompok orang-orang yang sudah terhubung dengan Allah. Mereka adalah bagian dari Umat Terpilih Allah. Status khusus sebagai bangsa pilihan Allah inilah yang membuat bangsa itu juga mendapatkan perlakuan istimewa dari Allah.

Kepada Daud, Allah menegaskan perlakuan-Nya ini, “Akulah yang telah mengambil engkau dari padang, ketika engkau menggiring kambing domba! Engkau kuambil untuk kujadikan raja atas umat-Ku Israel. Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani, dan telah melenyapkan segala musuhmu di hadapanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi. Aku menentukan tempat bagi umat-Ku Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan ataupun ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu, sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umat-Ku Israel. Aku mengaruniakan keamanan kepadamu terhadap semua musuhmu” (2Sam. 7:8-11).

Perlakuan Allah yang khusus ini, juga berlaku bagi para murid Yesus. Kepada para murid itu, Yesus menegaskan hal ini, “Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan” (Mrk. 4:11).

Pengalaman Daud dan para murid Yesus ini mengingatkan kita, bahwa: (a) Kerajaan Allah berikut kasih-karunia dan penyertaan Allah diberikan kepada semua orang. Namun, (b) kepada mereka yang sudah terhubung dengan Allah ada tawaran yang langsung, sementara (c) kepada mereka yang belum terhubung dengan Allah, yang disebut Yesus sebagai “orang-orang luar,” tawaran kepada orang-orang ini adalah melalui perumpamaan.

2. Misionaris dan pewartaan Kerajaan Allah
Berdasarkan pengalaman Daud dan pengalaman para murid, kita menemukan bahwa warta tentang Kerajaan Allah harus disampaikan kepada semua orang. Selanjutnya, berdasarkan hubungan dengan Allah, para pendengar warta itu dibagi menjadi dua golongan atau kelompok. Ada kelompok “orang dalam,” yakni orang-orang yang sudah lebih dahulu ada dalam hubungan dengan Allah dan Putera-Nya Yesus Kristus, seperti Daud dari Umat Allah Perjanjian Lama, dan para murid Yesus dari Umat Allah Perjanjian Baru. Selain kelompok orang dalam, ada juga kelompok lain, yang sama sekali belum masuk dalam hubungan dengan Allah dan Yesus Kristus Putera-Nya, yang dalam Injil disebut sebagai “orang-orang luar” (Mrk. 4:11).

Apakah penggolongan ini menunjukkan bahwa Tuhan Allah kita “pilih kasih” terhadap umat manusia? Jawaban yang kita temukan dalam Injil-Nya hari ini, ialah bahwa Tuhan Allah kita tidak diskriminatif atau pilih-kasih dalam menawarkan Kerajaan Keselamatan-Nya. Semua orang diberi-Nya kesempatan itu, hanya cara penawarannya saja yang berbeda. Karena itu, sebagai misionaris Kerajaan Allah, yang diutus untuk meneruskan warta keselamatan itu, kitapun tidak boleh pilih kasih atau diskrimintatif!

3. Sikap kooperatif manusia terhadap warta Kerajaan Allah
Penggolongan umat manusia atas kelompok orang dalam dan orang luar itu, juga membuka rahasia tentang apa yang diharapkan Allah dari semua penerima warta keselamatan-Nya itu. Untuk kelompok orang dalam seperti Daud dan para murid, harapan Tuhan begitu tinggi, yakni bahwa mereka ini semua membuka diri untuk menyambut Kerajaan Allah itu. Sementara untuk orang-orang luar, harapan itu tidak begitu tinggi. Sekalipun nuansa redaksionalnya bersifat negatif, tetapi kata-kata Tuhan berikut ini tetap menghendaki keselamatan bagi semua orang. Yakni bahwa Allah menghendaki semua orang menjadi seperti “tanah yang baik” yang menerima warta tentang Kerajaan itu, lalu menumbuhkan nilai-nilai hidup yang sepadan dengan Kerajaan Allah ini (Mrk. 4:12. 20). Yang jelas bahwa untuk orang-orang pilihan-Nya, Allah memberikan yang terbaik bagi mereka (Mzm. 89:4-5, 27-28, 29-30).

Terima kasih Ya Bapa, melalui Sakramen Baptis, Engkau telah menjadikan kami orang-orang pilihan di dalam Putera-Mu Yesus Kristus, Tuhan kami. Dampingi kami dengan Roh-Mu, agar kami mampu menjadi tanah yang baik bagi warta Kerajaan Keselamatan-Mu. Amin. (PMG)

(RD. Marcel Gabriel – Imam Keuskupan Pangkalpinang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Mempromosikan perdamaian dunia: Semoga umat Kristiani, para penganut agama-agama lain, dan semua orang yang berkehendak baik mau mempromosikan perdamaian dan keadilan di dunia ini. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membangun solidaritas: Semoga demi solidaritas nyata terhadap mereka yang miskin dan berkekurangan, keluarga-keluarga Katolik mau menentukan porsi makan secukupnya supaya tidak ada makanan yang terbuang sia-sia. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami memercayakan seluruh umat di Keuskupan kami kepada Roh Kasih-Mu, agar semakin mengimani Allah Bapa, yang Maha Adil dengan mewujudkan keadilan sosial. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s