Paus Fransiskus Bertemu dengan Seorang Wanita yang Menarik Tangannya pada Malam Pergantian Tahun.

Pada  Januari  yang lalu, Paus Fransiskus telah bertemu kembali dan bersalaman dengan seorang wanita yang sempat membuatnya hilang kesabaran setelah tangannya ditarik di Lapangan St. Petrus, saat malam pergantian tahun.

Setelah audiensi umum 8 Januari, Paus Fransiskus berbicara singkat dengan wanita itu. Dalam foto keduanya terlihat saling tersenyum ketika mereka berjabat tangan. Seorang pastor yang berdiri di dekat wanita itu tampaknya bertindak sebagai penerjemah.

Keduanya bertemu pada momen yang disebut “baciamano” –  waktu khusus yang disediakan bagi para peziarah tertentu untuk menyambut paus saat mengikuti audiensi.

Paus Fransiskus telah meminta maaf pada pidatonya saat Angelus 1 Januari, karena telah kehilangan kesabarannya dengan wanita itu malam sebelumnya.

“Sering kali kita kehilangan kesabaran, saya pun juga. Saya memohon maaf atas contoh buruk kemarin,” katanya.

Sementara Paus menyambut kerumunan di depan Palungan Vatikan pada 31 Desember, seorang wanita menarik lengannya, memegangi tangannya. Tampak kesal, Paus Francis menampar tangannya dan berjalan pergi dengan frustrasi.

Sebuah klip video saat itu menjadi viral di media sosial segera setelah itu dan insiden tersebut telah menghasilkan meme di internet dan ada berbagai versi remix dari klip itu.

Sebelum bertemu dengan wanita itu pada 8 Januari, Paus Fransiskus berbicara di depan khalayak umum tentang Santo Paulus dan kasih Allah, ia juga mencatat bahwa Kristus dapat membawa kebaikan dalam keadaan apa pun – bahkan pada saat kegagalan yang nyata.

Menyambut para peziarah pada audiensi yang tersebut, paus bercanda (seharusnya ia) “jangan menggigit” terhadap seorang saudari religius yang mengulurkan tangan untuk menyambutnya, mengatakan bahwa beliau justru akan memberi kecupan di pipi jika wanita itu tetap tenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s