Jabatan dan Kekuasaan yang Berkarakter Pengorbanan

Renungan Harian Misioner
Rabu, 11 Maret 2020
Hari Biasa Pekan II Prapaskah
P. S. Eulogius & S. Leokrita
Yer. 18:18-20; Mzm. 31:5-6,14,15-16; Mat. 20:17-28

MISI: Menjadi pengikut Kristus bukan kesempatan untuk memperoleh jabatan sosial dan keagamaan melainkan kesiapan diri utuh untuk masuk dalam kehendak dan keputusan Allah serta berani minum dari piala penderitaan Kristus.

Kenyataan sosio-politik dan sosio-ekonomi sekarang terus memacu setiap pribadi untuk mengejar dan memiliki jabatan dan kedudukan. Beragam alasan berada di balik ini, misalnya: untuk membangun daerah dan masyarakat, untuk menanggapi kepercayaan masyarakat, wujud tanggung jawab sebagai warga negara, menghadirkan keadilan serta pemerataan pembangunan, bahkan hingga alasan yg sungguh spiritual – religius yakni memberi diri pada panggilan dan amanah Tuhan.

Pada hari ini, kita diajak Penginjil Matius masuk pada situasi para murid Yesus yang sedang berhadapan dengan penyampaian Yesus tentang penderitaan-Nya. Para murid ternyata berada di luar rancangan dan kehendak Allah, bahkan mungkin tidak mau masuk pada Kehendak Allah yang sungguh menjadi perkara prioritas unggulan Sang Guru mereka. Pemberitaan tentang sengsara Sang Guru justru membawa mereka pada sikap kasak-kusuk siapa yang akan menempati posisi teratas sesudah masa Sang Guru.

Kehadiran ibu Yakobus dan Yohanes di satu pihak untuk meminta jatah posisi dan jabatan serta sikap marah di lain pihak dari kesepuluh murid Yesus yang lain terhadap kedua sahabat mereka menjadi kesempatan berahmat yang digunakan YESUS untuk mengajarkan karakter kemuridan bagi para murid-Nya dan juga kita, yaitu:

  • Masuk dalam kehendak dan keputusan Allah. Menjadi murid Kristus serta ingin mendapat tempat dalam Kemuliaan Sang Guru, pertama-tama harus masuk dalam perkara Allah, mengikuti Kehendak Allah. Yesus menegaskan kepada ibu kedua murid-Nya, bahwa hal duduk di sebelah kanan dan kiri-Nya adalah Hak Prerogatif, keputusan dan kehendak Bapa Surgawi, setelah DIA memandang setiap pribadi pantas. Untuk mendapat tempat di dalam Kemuliaan Kristus hanya bisa terwujud jika kita setujuan dengan Kristus.
  • Masuk dalam penderitaan Sang Guru. Sebagai murid Kristus hendaknya berani mengambil bagian dalam penderitaan Kristus, minum dari cawan penderitaan yang sama. Untuk bisa mengalami tempat terhormat dalam Kerajaan ALLAH syarat utama adalah menyatu dengan penderitaan KRISTUS. Bersama KRISTUS, kita mampu mengubah penderitaan yang ada menjadi tanda kemuliaan dan keselamatan. Piala penderitaan yang Yesus tawarkan adalah piala perjuangan yang memberanikan kita untuk berkorban demi kepentingan banyak orang. Karakter Pemimpin dan Penguasa “Christ Oriented” berarti siap merebut beban derita dari pundak orang lain, berani menderita untuk menghantar sesama keluar dari penderitaan dan keterbelakangan.
  • Jabatan pelayan dan kedudukan hamba. Yesus mengajarkan para murid-Nya agar memahami jabatan dan kuasa sebagai kesempatan untuk melayani dan meniadakan status budak, hamba pada orang lain. Ambisi mencari jabatan dan posisi dalam status sosial-politik, sosial – ekonomi dan sosial – keagamaan merupakan suatu penempatan martabat dan harga diri yang tepat, namun akan menjadi petaka ketika kita menggunakan kedudukan serta jabatan untuk mendikte, menjajah dan memperbudak sesama. Kita harus memastikan bahwa sebagai pengikut Kristus serta melalui jabatan dan kuasa yang dipercayakan Tuhan dan umat-Nya, kita harus mampu mengubah karakter penguasa dan kekuasaan menjadi pelayan, pelayanan dan melayani. Mengubah karakter perintah dan memerintah menjadi pelaksana dan melaksanakan, melalui cara bekerja dan melayani sepeti pelayan dan hamba kita berjuang membebaskan semua mereka yang dipandang serta diperlakukan sebagai hamba dan budak.
  • Yesus membawa kita untuk berani masuk dalam sebuah gerakan revolusi mental – spiritual sehingga kita boleh berjuang untuk menjadi pelayan dan hamba yang menghadirkan kasih Allah kepada orang lain, terutama mereka yang kecil, sederhana, terpinggirkan. Jabatan dan posisi kita pada bidang apa saja hendaknya menghadirkan sukacita, harapan serta kehidupan bagi sesama.

Maka sikap serta karakter seorang yang menginginkan posisi dan jabatan pelayan serta hamba hendaknya mengambil sikap seperti Yeremia, yang memberi diri sepenuhnya pada petunjuk dan perintah ALLAH serta tanpa takut pada setiap risiko yang dihadapi. Jabatan, posisi dan kuasa yang kita terima harus menghantar kita pada sikap berani menanggung derita demi kepentingan orang lain. Kekhasan tata laku kita adalah menjalankan tugas serta jabatan kita dengan memainkan peran sebagai pelayan dan hamba yang setia. Amin.

(RP. Hiasintus Ikun, CMF – Dirdios KKI Keuskupan Palangkaraya)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Umat Katolik di Cina: Semoga umat Katolik di Cina bertahan dalam keteguhan iman pada Injil dan bertumbuh dalam persatuan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pasar tradisional: Semoga di tengah merebaknya mal-mal modern, pasar-pasar tradisional tetap bisa berfungsi dan memperoleh hak hidupnya sehingga pedagang-pedagang kecil tetap bisa menjalankan aktivitas ekonominya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menghunjukkan Masa Prapaskah: untuk menjadi masa Penyelenggaraan Latihan Keadilan bagi seluruh umat Keuskupan kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s