Berserulah Hanya Kepada Tuhan!

Renungan Harian Misioner
Hari Jumat, 03 April 2020
P. S. Richard dr Chichester
Yer. 20:10-13; Mzm. 18:2-3a,3bc-4,5-6,7; Yoh. 10:31-42

Mazmur pembuka misa hari ini mengantar kita semua memasuki seluruh suasana yang berfokus pada “Allah sayang pada orang yang menderita” karena “dijahati sesamanya”. Isi pokoknya menunjukkan cara orang beriman, jika mengalami pembantaian dari lawan-lawannya dalam bergaul: “berserulah kepada Tuhan”, bukan kepada “pihak lain mana pun”. Ungkapan iman ini bergema dalam seluruh Perayaan Ekaristi hari ini.

Di zaman Yeremia, bertebaran perlawanan terhadap orang yang beriman kepada Allah. Orang-orang, yang hidup di sekitar mereka, menyerang mereka dengan kejam. Janganlah kita terlalu cepat membandingkannya dengan mereka yang memusuhi kita dari sudut kultural, ekonomi, politis di zaman sekarang: sebab situasi dan kondisinya tidak begitu saja dapat disamakan. Namun, ketakutan yang ditimbulkannya, dapat serupa dengan zaman sekarang. Sikap umat Allah, seyogyanya serupa dengan Yeremia, yaitu “Tuhan menyertai aku” (ayat 11). Dasarnya adalah bahwa batin mereka di dekat Allah (ayat 12), yang memandang batin dan hati. Umat “menyerahkan diri kepada Allah dengan memujiNya…” (ayat 13). Di masa kini pun, umat – ya kita semua ini – diundang untuk senantiasa “memandang Allah dan percaya kepada-Nya, yang pasti akan melindungi kita”.

Bacaan pengantar Injil mengajak kita mengimani Sang Sabda, yang dijiwai Roh Kudus dan “mempunyai sabda kehidupan kekal”. Apa yang diungkapkan Yesus dalam bacaan Injil ‘nanti’, juga kita imani di masa sekarang. Itulah sebabnya, seruan dalam Masa Prapaskah senantiasa “Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal”.

Dalam bacaan Injil menunjukkan kepada kita, betapa Yohanes amat terpesona pada sikap iman Sang Guru: “senantiasa menunjukkan relasi akrab dengan Allah Bapa” (ayat 32), padahal orang-orang Yahudi “mau melempar batu” kepada-Nya” (ayat 31). Dalam pada itu, dalih yang mereka pakai adalah ‘bahwa mereka menuduh Yesus menghujat Allah”. Betapa sering, di zaman sekarang, perselisihan dalam masyarakat kita bertumpu pada tuduhan, bahwa “seseorang menghujat Allah” (ayat 33). Yesus mempertanggungjawabkan kata dengan merujuk pada Kitab Suci Perjanjian Lama, yang merupakan rujukan para lawan-Nya, yang mencela Dia (ayat 34-35). Apalagi, ajaran dan tindakan-tindakan Yesus sesuai dengan Perjanjian Lama. Dengan kata lain, cocoklah tindakan Yesus dengan ajaran dan sikap dasar hidup-Nya, bila rujukannya adalah Alkitab, yang dikaruniakan Allah (ayat 36-37). Yohanes memegang teguh sabda Yesus di akhir bacaan ini, karena merupakan isi pokok Kabar Gembira: “Bapa ada dalam Aku dan Aku dalam Bapa” (ayat 38). Marilah kita memohon Karunia Roh, agar supaya kita mengimani Tuhan Yesus Kristus secara lebih mendalam.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menolong mereka yang kecanduan: Semoga saudara-saudara kita yang menderita karena kecanduan, dalam bentuk apapun, bisa mendapatkan pertolongan dan pendampingan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membentuk budaya membaca: Semoga Gereja berkenan mencari sarana-sarana konkret untuk melatih keluarga-keluarga Katolik dalam menghidupi dan meningkatkan budaya literasi baca. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Berkatilah umat di Keuskupan kami: agar para wanita dan anak mengalami dan melaksanakan keadilan dalam keluarga Gereja dan masyarakat. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s