Paus Emeritus Benediktus XVI Berulang Tahun ke-93

Ulang tahun Paus Emeritus Benediktus ke-93 ini tidak seperti biasanya, dikunjungi dan dirayakan oleh banyak orang, namun kasih sayang dan doa-doa tetap mengalir untuk beliau. Paus Emeritus juga tidak lupa berdoa bagi mereka yang menjadi korban virus corona, dan semua orang yang terlibat dalam wabah corona ini. 

Di tengah wabah virus corona Paus Emeritus Bendiktus XVI merayakan hari ulang tahunnya ke-93, Kamis 16 April 2020. Di hari ulang tahunya, Paus Emeritus menghabiskan waktunya di rumah kediamannya Biara Mater Ecclesia, Vatikan, dengan rasa syukur dan ketenangan hati. Beliau menerima banyak ucapan dan doa yang mengalir melaui email, kartu ucapan dll. Paus Emeritus tidak menerima kunjungan karena terkunci (lockdown) akibat wabah corono yang masih aktif sampai saat ini.

Paus Emeritus Benediktus XVI tidak ketinggalan berita karena sekretaris pribadinya Msgr. Georg Ganswein dengan setia memberitahukan secara terus menerus perihal virus corono yang telah banyak menelan korban. Paus Emeritus Benediktus XVI, turut meraskan kepedihan ini, karena banyaknya para pastor, dokter dan perawat yang meninggal karena virus corona ini. Tapi Paus Emeritus tidak henti-hentinya berharap, agar masa ini cepat berlalu. Beliau berdoa untuk para dokter, perawat, dan semua orang yang dengan setia menolong sesamanya terutama mereka yang telah menjadi garda terdepan dalam menanggani virus corona. Tak lupa, beliau juga berdoa bagi mereka yang telah meninggal, keluarga yang ditinggalkannya.

Ulang tahun Paus Emeritus di mulai dengan Misa di Kapel Biara Mater Ecclesia Vatikan, lebih hikmat dari biasanya. Misa diiringi dengan lagu-lagu yang di persembahkan kepada Emeritus dengan khas Bavatia. Usai misa Paus Emeritus menerima hadiah sebuah biografi yang ditulis oleh jurnalis Jerman Peter Seewald, yang akan keluar pada 4 Mei. “Pada awalnya, menurut Msgr. Gänswein – Biografi Seewald bermaksud menyampaikannya langsung kepada Paus emeritus akhir-akhir ini. Namun, sayang pandemi membuatnya tidak mungkin.” Beliau menerima hadiah tersebut dengan senang hati.

Paus Emeritus Benediktus XVI juga memiliki peringatan yang lain pada hari Minggu, 19 April 2020. Beliau akan merayakan 15 tahun penobatan sebagai Paus. Masa pontifikasinya berlangsung selama delapan tahun. Beliau mengunjungi lebih dari 20 negara dan menerbitkan tiga ensiklik dan tiga buku selama masa itu.

 

www.vaticannews.va

(Terj. Y.H.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s