Sebuah “Tanda yang Indah” dari Paus Fransiskus pada Hari Namanya

Georgius MartirGereja hari ini memperingati Santo Georgius Martir, hari nama Paus Fransiskus. Untuk menandai kesempatan ini, sejumlah ventilator akan dikirim ke Rumania, Spanyol, dan Italia, negara-negara yang paling terpengaruh oleh epidemi virus corona. Pengiriman datang setelah pengumuman pada tanggal 27 Maret sebagai tanggapan terhadap kebutuhan beberapa rumah sakit. Salam hangat kepada Paus diterima dari seluruh dunia.

Memberi, tidak menerima

Ini adalah roh yang membedakan hari pesta hari ini, di mana Gereja mengingat Santo Georgius Martir. Santo ini wafat pada tahun 303 karena tidak bersedia meninggalkan imannya selama penganiayaan oleh anti-Kristen yang dilakukan oleh Kaisar Romawi Diokletianus. Tradisi mengingatnya terutama untuk episode dimana, ketika dilindungi oleh Salib, dia membunuh seekor naga yang melahap orang-orang: simbol iman yang menang atas kejahatan.

Hari Nama Paus

Ini juga merupakan hari di mana Paus Fransiskus – Jorge Mario Bergoglio – merayakan “hari namanya”. Paus sendiri memberikan persembahan hadiah untuk menandai kesempatan ini: pengiriman ventilator dan peralatan medis, masker, dan kacamata pelindung untuk dokter dan perawat, dan baju pelindung untuk perawatan intensif. Sejumlah rumah sakit akan menerima persembahan ini: satu di kota Suceava, Romania, yang tengah mengalami wabah coronavirus, di mana diharapkan lima ventilator generasi terbaru; dua lainnya akan diberangkatkan ke rumah sakit di Lecce, Italia, dan tiga lagi ke Madrid, Spanyol.

Pelukan Bapa Suci

Itu adalah “tanda indah yang jatuh pada hari khusus ini ketika Bapa Suci tidak menerima hadiah tetapi justru memberikannya kepada orang lain”, kata Kardinal Konrad Krajewski, Almoner Kepausan, berbicara tentang pengiriman segera, yang ia sebut “pelukan dari Paus dalam situasi yang sulit untuk seluruh dunia”. Romania mengalami keadaan darurat yang nyata di kota kecil Suceava, di mana ventilator akan dikirimkan. Hampir 25% dari kasus di Rumania ada di sana. Kota itu, bersama dengan beberapa kota di sekitarnya , berada dalam karantina dan terletak di wilayah termiskin di negara itu dan Uni Eropa. Di Rumania ada lebih dari 500 korban meinggal, dan hampir 10 ribu orang terinfeksi. Ventilator dan semua peralatan yang disumbangkan oleh Paus akan diangkut oleh penerbangan yang juga akan membawa tim yang terdiri dari sebelas dokter Rumania dan enam petugas kesehatan, yang dikirim pada tanggal 7 April oleh pemerintah Bucharest ke sebuah rumah sakit di Lecce untuk bekerja bersama Italia dalam pertempuran yang sulit melawan corona virus.

Tiga ventilator di Madrid akan dirawat oleh Kedutaan yang bersama dengan Kardinal Carlos Osoro Sierra, Uskup Agung ibukota Spanyol, yang akan membawa mereka ke rumah sakit yang paling membutuhkan. Negara Iberia dikurung hingga 9 Mei, jumlah mereka yang terinfeksi lebih dari 208.000 orang, jumlah kematian mencapai lebih dari 21.000 jiwa dan hampir 86.000 telah sembuh dari virus corona. Dua ventilator yang ditujukan untuk rumah sakit di Lecce akan dikirim hari ini oleh Cardinal Krajewski sendiri. Dalam perjalanan kembali ke Vatikan, Almoner Kepausan akan berhenti di Naples untuk menerimakan obat bagi orang miskin Roma.

Beberapa hari sebelum Paskah, dua ventilator, bersama dengan peralatan medis untuk dokter dan perawat, dan juga telur Paskah tiba langsung dari Vatikan di rumah sakit Cotugno di Naples. Tahun lalu, lagi pada hari namanya, Paus Fransiskus menyumbangkan karangan bunga Rosario yang dibuat untuk WYD di Panama kepada kaum muda di keuskupan agung Milan, dan telur cokelat seberat 20 kg untuk orang miskin di kantin Caritas di Stasiun Termini di Roma.

Salam hangat untuk Paus

Pada saat ini Paus menerima harapan terbaik untuk hari namanya. Dalam pesannya untuk Paskah, Presiden Republik Italia Sergio Mattarella berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas “kata-kata hidup dan harapan yang bersemangat” yang berulang kali disampaikan oleh Paus ke negara itu dan diungkapkan dalam harapan terbaiknya untuk hari nama Paus.

 

Oleh Benedetta Capelli dan Adrian Dancă – Vatican News
Terj. BN-KKI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s