Kepausan menunda Kongres Ekaristi di Budapest hingga 2021

Dengan adanya Pandemi Covid-19, kongres Ekaristi yang semua ditetapkan di ibukota Hongaria bulan September akan ditunda tahun depan. Dalam berita Vatikan, Uskup Agung Monsignor Piero Marini, sebagai presiden Komite Kepausan untuk Kongres Ekaristi Internasional memastikan: “ini adalah kesempatan untuk mempersiapkannya dengan lebih baik”.  

Memikirkan yang Lebih Baik

Dengan ditundanya kongres Ekaristi yang telah diagendakan, maka ini menjadi kesempatan untuk memikirkan kembali lebih baik. Kongres ini tidak mungkin dilaksanakan di tengah virus corono yang saat ini sedang mewabah di hampir seluruh negara. Begitu pula untuk Hari Orang Muda Sedunia di Lisbon dan pertemuan keluarga sedunia di Roma dibatalkan.

Dalam sebuah pernyataan, Direktus Pers Takhta Suci Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan: “Situasi saat ini tidak memungkinkan diadakannya Kongres Ekaristi, karena akan adanya kemungkinan pergerakan dan perziarahan umat beriman. Hal ini Komite Kepausan untuk Kongres Ekatisti bertanggung jawab dan para uskup Hungaria, untuk “menunda Kongres Ekaristi Internasional ke-52” ke bulan “September 2021”.

Menjaga Kesehatan

Menurut Monsignor Piero Marini alasan ditundanya kongres Ekaristi adalah untuk menjaga Kesehatan. “Kesehatan dan kebersihan tidak hanya untuk Vatikan, tetapi menyangkut Internasional, yang tidak dapat menjamin bahwa bulan September semuanya akan menjadi normal, termasuk penerbangan pesawat dan komunikasi.  Ini adalah Kongres Internasional dengan orang-orang dari seluruh dunia, menurut saya sejauh ini ada lebih dari 60 ribu pendaftaran. Jadi kita tidak bisa melaksanakan Kongres Ekaristi dengan aman dalam ketidakpastian membebaskan negara kita dari pandemi ini”, kata Monsignor Piero Marini kepada direktur pers Tahta Suci Vatikan, Matteo Bruni.

Aku dalam engkau, Sumber segalanya

Saat ini, komite kepausan untuk Kongres Ekaristi Internasional, akan mempersiapkan lebih baik lagi. Ada banyak kendala untuk mempersiapkan kongres ini, karena adanya virus corono yang saat ini menyerang hampir di seluruh dunia. Menurut komite kepausan adanya kesulitan karena mereka harus melakukan kontak lagi dengan para anggota, dengan para tamu untuk simposium teologis dan meninjau kembali semua posisi. Adapun tema Kongres Ekaristi di Budapest “Aku di dalam Engkau, sumber segalanya”. Sebuah undangan untuk melihat melihat apa yang paling penting terutama dalam periode ketidakpastian dan ketakutan.

Hidup yang Ekaristis

Adapun harapan Monsignor Piero Marini untuk Gereja Hongaria: untuk mempersiapkan lebih baik untuk kongres 2021. “Di tingkat internasional dan di Gereja-gereja lokal saya dapat mengatakan untuk mengatur segalanya dengan lebih baik” katanya kepada Matteo Bruni. Beliau berharap pandemi ini berakhir pada tahun 2021 dan bahkan lebih banyak orang dapat berpartisipasi daripada mereka yang sudah memesan tahun ini. Kongres Ekaristi juga penting untuk posisi geografis Hongaria, negara pasca-komunis. Selanjutnya beliau mengatakan: “Saya pikir juga penting bagi Eropa untuk merenungkan akarnya. Saya berharap bahwa Kongres tahun depan ini akan menjadi momen bagi Gereja dan masyarakat untuk mencerminkan bahwa hidup mereka semuanya benar-benar tergantung pada Ekaristi.  Kita umat Katolik dan orang percaya pada Ekaristi. Kata-kata Yesus menjadi pedoman hidup kita, Yesus telah menjadi pedoman kita dalam sakramen-sakramen: sangat mendasar bagi kita untuk melihat dan ikut dalam perayaan Kongres ini.

Alessandro De Carolis – Vatican News
Terj. YH BN-KKI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s