Gereja merayakan Hari Doa Panggilan Sedunia ke-57

Ketika Gereja merayakan Hari Doa Panggilan Sedunia ke-57 pada tanggal 3 Mei, keuskupan di seluruh dunia mempromosikan panggilan dengan berbagai cara.


Minggu Paskah Keempat, juga dikenal sebagai Hari Minggu Gembala Baik, adalah Hari Doa Panggilan Sedunia ke-57. Pada hari ini, umat Katolik diundang untuk mempromosikan panggilan untuk kehidupan imamat, religius dan yang ditahbiskan, dan untuk mempersembahkan doa khusus bagi mereka yang memelihara keinginan seperti itu. Acara tahunan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963 oleh Paus St. Paulus VI.

Mengingat peringatan tahun ini, Paus Fransiskus menerbitkan sebuah pesan pada tanggal 8 Maret. Di dalamnya, dia mengundang Gereja untuk merenungkan empat kata kunci kejuruan – rasa sakit, syukur, dorongan dan pujian. Dia juga menggunakan keempat kata ini dalam suratnya kepada para Imam pada Agustus tahun lalu.

Di seluruh dunia, gereja-gereja lokal menemukan cara-cara kreatif untuk menandai kesempatan di tengah pandemi coronavirus saat ini.

Spanyol

Umat ​​Kristen di Spanyol diundang untuk merayakan Hari Doa Sedunia untuk Panggilan di rumah karena pandemi coronavirus. Mereka telah diminta untuk tinggal di rumah dan berdoa agar “Tuhan dapat terus memanggil dan agar kaum muda dapat menjawab ‘ya’ untuk panggilan-Nya”.

Konferensi Uskup Spanyol (CEE) mengajukan permintaan ini dalam pernyataan bersama dengan Konferensi Lembaga Sekuler Spanyol (CEDIS) dan Perhimpunan Misi Kepausan.

Menjelaskan tema tahun ini: “Yesus hidup dan ingin kamu hidup,” pernyataan para Uskup mencatat bahwa para imam, orang beriman dan orang-orang yang dikuduskan telah memainkan peran besar selama pandemi ini. Maka, temanya adalah ajakan kita untuk berdoa agar banyak anak muda dapat mengikuti teladan para imam dan religius, dan mendengarkan suara Tuhan.

Gereja di Spanyol juga meminta bantuan keuangan “agar tidak ada panggilan ini yang hilang karena kurangnya sarana, dan agar satu dari tiga seminaris di dunia dapat ditolong.”

Misa hari Minggu akan disiarkan di La 2 TVE. Itu akan dipimpin oleh Uskup Jesús Vidal, Uskup Auksilier Madrid.

Kolumbia

Dalam persiapan untuk Hari Doa Panggilan Sedunia, Departemen Pelayanan yang Ditahbiskan dan Hidup Bakti dari Konferensi Episkopal Kolombia (CEC) telah membuat dokumen yang tersedia untuk membantu pekerjaan promotor panggilan.

Direktur Departemen Pelayanan yang Ditahbiskan dan Hidup Bakti, Pastor Manuel Hernando Vega León, menjelaskan tujuan dari dokumen tersebut. “Dengan materi ini, kami berharap bahwa promotor panggilan akan memiliki beberapa alat bantu yang akan membantu mereka untuk tetap menghidupkan latihan doa untuk panggilan panggilan”. Kami berharap, dia melanjutkan bahwa, “kebutuhan untuk menanggapi panggilan yang Tuhan buat bagi kita untuk melayani di Gereja-Nya akan membangkitkan semua orang.”

Dokumen tersebut berisi pesan Paus Fransiskus untuk Hari Doa Panggilan Sedunia ke-57, lokakarya yang bertujuan mempromosikan panggilan, alat bantu doa, dan refleksi tentang tanggung jawab agen pastoral.

Gereja di Kolombia memulai kegiatan dalam persiapan untuk Hari Doa untuk Panggilan dengan Minggu Panggilan dari 27 April – 3 Mei.

Jerman

Di Jerman, Hari Doa Sedunia untuk Panggilan tahun ini mengambil bentuk inisiatif “24 jam doa untuk panggilan” dari tanggal 2 hingga 3 Mei. Ini diselenggarakan oleh Pusat Perawatan Pastoral Kejuruan dari Konferensi Waligereja Jerman.

Tema “Tebarkan Jalamu” mengingatkan Anda akan suatu bagian dari Injil Lukas. Yesus mengundang Petrus dan teman-temannya untuk melemparkan jala mereka ke dalam air lagi setelah malam penangkapan ikan yang sia-sia.

Pastor Michael Mass, Direktur Pusat Pelayanan Pastoral Kejuruan menjelaskan inisiatif doa itu. “Doa akan tetap efektif,” katanya, meskipun umat beriman tidak dapat berdoa bersama di satu tempat selama dua puluh empat jam.

“Doa untuk panggilan religius itu penting terutama hari ini karena itu membuat apa arti pelayanan pastoral bagi kita menjadi terlihat,” kata Pastor Mass. “Pertanyaan tentang makna hidup menjadi semakin mendesak sebagai tanggapan terhadap krisis saat ini. Ini menimbulkan pertanyaan tentang panggilan pribadi seseorang sebagai seorang Kristiani. Dalam doa, kami juga ingin menyampaikan niat ini dengan cara yang sangat pribadi.”

Portugal

Dalam sebuah pesan video yang dikirim pada tanggal 29 April, Uskup Porto da Uskup Manuel da Silva Rodrigues mengundang kaum muda untuk mengadopsi “tugas mulia dan agung” dari “menghangatkan hati.” Dia memberikan pesan ini sebagai bagian dari Pekan Doa untuk Panggilan yang berlangsung dari 27 April – 3 Mei.

Uskup Rodrigues Linda menjelaskan bahwa Yesus tidak membatasi diri untuk mengkhotbahkan sebuah doktrin. Sebaliknya, Dia mendekati orang-orang untuk “membangkitkan semangat hati mereka.” Dia juga mengingatkan kaum muda bahwa “semua orang diundang untuk memikirkan kemungkinan tempat mereka di Gereja”, terutama hari ini di saat dunia “agak dingin” karena “apa yang manusia – hati manusia, hidup dalam kedinginan.”

Irlandia

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis sebelum Hari Doa untuk Panggilan, Ketua Dewan untuk Panggilan, Uskup Alphonsus Cullinan, berdoa untuk peningkatan panggilan.

“Kami bergabung dengan Paus Fransiskus dalam meminta Gereja untuk terus mempromosikan panggilan. Bapa Suci meminta kami untuk menemukan keberanian untuk mengatakan ‘ya’ kepada Tuhan, untuk mengatasi semua kelelahan melalui iman di dalam Kristus. Doa saya adalah agar semua yang dipanggil untuk menjadi imam diosesan akan memiliki keberanian untuk mengatakan ‘ya’ terhadap panggilan Tuhan,” tulis Uskup Cullinan.

Dalam hal ini, Pastor Willie Purcel, Koordinator Panggilan Keuskupan Nasional, mengatakan: “Selama masa-masa menjauhkan diri dan isolasi sosial ini kita memiliki kesempatan untuk terhubung dengan rencana Allah yang sedang berlangsung dalam hidup kita. Bagi mereka yang memahami panggilan keimamatan keuskupan dan kehidupan religius, ini adalah waktu yang berharga melalui doa dan refleksi untuk mendengarkan lebih dalam di mana Tuhan memanggil anda, dan dalam kemurahan hati untuk mengatakan “ya” untuk panggilan itu. “

Misa pada hari Minggu akan dipimpin oleh Uskup Cullinan dan dikonselebrasi oleh Pastor Purcel. Ini akan disiarkan di televisi RTÉ One pukul 11:00 waktu setempat.

 

Oleh Fr. Benedict Mayaki, SJ – Vatican News
Terj. BN-KKI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s