Pesan Paus untuk Hari Perawat Internasional 2020

Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus

Hari Perawat Internasional

12 Mei 2020

1200px-Insigne_Francisci-sml-web

Saudara dan saudari yang terkasih,

Hari ini kita merayakan Hari Perawat Internasional, dalam konteks Tahun Perawat dan Bidan Internasional yang secara resmi dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Pada saat yang sama, kita mengamati peringatan dua abad kelahiran Florence Nightingale, pelopor keperawatan modern.

Pada saat kritis ini, ditandai dengan darurat kesehatan global yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, kita telah menemukan kembali pentingnya peran yang dimainkan oleh perawat dan bidan. Setiap hari kita menyaksikan kesaksian keberanian dan pengorbanan petugas layanan kesehatan, dan perawat khususnya, yang, dengan profesionalisme, pengorbanan diri, dan rasa tanggung jawab serta cinta terhadap sesama, membantu orang yang terkena virus, bahkan sampai pada titik tertentu, membahayakan kesehatan mereka sendiri. Sayangnya, ini dapat dilihat pada tingginya jumlah petugas layanan kesehatan yang telah meninggal karena layanan yang setia. Saya berdoa untuk mereka – Tuhan mengenal mereka masing-masing dengan nama – dan untuk semua korban epidemi ini. Semoga Tuhan Yang Bangkit memberikan kepada mereka masing-masing cahaya surga dan keluarga mereka penghiburan iman.

Perawat secara historis memainkan peran sentral dalam perawatan kesehatan. Setiap hari, dalam kontak mereka dengan orang sakit, mereka mengalami trauma yang disebabkan oleh penderitaan dalam kehidupan manusia. Mereka adalah pria dan wanita yang telah memilih untuk mengatakan “ya” pada panggilan yang sangat spesial: menjadi orang Samaria yang baik hati yang peduli pada kehidupan dan penderitaan orang lain. Mereka adalah pelindung dan penjaga kehidupan, yang, bahkan ketika mereka memberikan perawatan yang diperlukan, mereka pun menawarkan keberanian, harapan dan kepercayaan. [1]

Para perawat yang terhormat, tanggung jawab moral adalah ciri khas dari pelayanan profesional Anda, yang tidak dapat direduksi menjadi pengetahuan ilmiah-teknis saja, tetapi harus terus-menerus terinspirasi oleh hubungan manusiawi dan memanusiakan Anda dengan orang sakit. “Merawat wanita dan pria, anak-anak dan orang tua, dalam setiap fase kehidupan mereka, dari lahir sampai mati, Anda ditugasi untuk terus mendengarkan, yang bertujuan memahami apa kebutuhan pasien-pasien itu, dalam fase di mana mereka berada, sedang mengalami penderitaan. Sebelum keunikan masing-masing situasi tersebut, memang, tidak pernah cukup untuk mengikuti semua protokol, tetapi itu tetap konstan – dan melelahkan! – upaya penegasan dan perhatian terhadap individu-individu amat diperlukan ”. [2]

Anda – dan di sini saya memikirkan juga para bidan – dekat dengan orang-orang pada saat-saat penting dalam keberadaan mereka – kelahiran dan kematian, penyakit dan penyembuhan – membantu mereka menghadapi situasi traumatis. Kadang-kadang Anda menemukan diri Anda di sisi mereka saat mereka sekarat, memberikan kenyamanan dan kelegaan di saat-saat terakhir mereka. Karena dedikasi Anda, Anda adalah satu di antara “orang-orang kudus terdekat”. [3] Anda adalah gambaran Gereja sebagai “rumah sakit lapangan” yang terus menjalankan misi Yesus Kristus, yang mendekat dan menyembuhkan orang-orang dengan segala macam penyakit dan yang membungkuk untuk membasuh kaki para murid-Nya. Terima kasih atas layanan Anda untuk kemanusiaan!

Di banyak negara, pandemi ini juga memunculkan sejumlah kekurangan dalam penyediaan layanan kesehatan. Untuk alasan ini, saya akan meminta para pemimpin negara di seluruh dunia untuk berinvestasi dalam perawatan kesehatan demi kebaikan bersama yang diutamakan, dengan memperkuat sistemnya dan mempekerjakan lebih banyak perawat, untuk memastikan perawatan yang memadai bagi semua orang, dengan menghormati martabat setiap orang. Penting untuk mengenali secara efektif peran penting yang dimainkan profesi Anda dalam perawatan pasien, aktivitas darurat setempat, pencegahan penyakit, promosi kesehatan, dan pengaturan bantuan dalam keluarga, komunitas dan sekolah.

Perawat, serta bidan, sepatutnya memiliki hak untuk menjadi lebih baik dan lebih dihargai sepenuhnya dan terlibat dalam proses yang menyangkut kesehatan individu dan masyarakat. Telah terbukti bahwa berinvestasi di dalamnya dapat meningkatkan perawatan dan kesehatan secara keseluruhan. Dengan demikian profesionalisme mereka harus ditingkatkan dengan menyediakan alat ilmiah, manusia, psikologis dan spiritual yang sesuai untuk pelatihan mereka, dengan meningkatkan kondisi kerja mereka dan dengan menjamin hak-hak mereka, sehingga mereka dapat menjalankan layanan mereka dengan penuh martabat.

Dalam hal ini, asosiasi petugas kesehatan memainkan peran penting. Selain menawarkan pelatihan komprehensif, mereka mendukung anggota individu mereka, membuat mereka merasa menjadi bagian dari badan yang lebih besar, tidak pernah kecewa dan merasa sendirian ketika mereka menghadapi tantangan etika, ekonomi dan manusia yang dituntut oleh profesi mereka.

Saya ingin mengucapkan sepatah kata khusus kepada bidan yang membantu wanita dalam kehamilan dan membantu mereka melahirkan anak-anak mereka. Pekerjaan Anda adalah salah satu profesi paling mulia, karena langsung didedikasikan untuk pelayanan kehidupan dan keibuan. Dalam Alkitab, nama-nama dua bidan heroik, Shiphrah dan Puah, diabadikan dalam Kitab Keluaran (lih. 1: 15-21). Hari ini juga, Bapa surgawi memandang Anda dengan rasa terima kasih.

Perawat yang terhormat, bidan yang terkasih, semoga perayaan tahunan ini menyoroti martabat pekerjaan Anda untuk kepentingan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Dengan kepastian doa-doa saya untuk Anda, keluarga Anda dan mereka yang Anda sayangi, dengan hormat saya sampaikan kepada Anda semua berkat Apostolik saya.

 

Dari Roma, Santo Yohanes Lateran, 12 Mei 2020

 


[1] Lih. Piagam Baru untuk Pekerja Perawatan Kesehatan, No. 1-8.
[2] Ditujukan untuk Anggota Federasi Dewan Profesi Keperawatan Italia, 3 Maret 2018.
[3] Homili pada Kamis Putih, 9 April 2020.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s