Kehadiran dan Peran Roh Allah dalam Karya Misi

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 16 Mei 2020
Hari Biasa Pekan Paskah V
P. S. Ubaldus, S. Simon Stock
Kis. 16:1-10; Mzm. 100:1-2,3,5; Yoh. 15:18-21

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di akhir Pekan Paskah V melalui pertemuan berhikmah ini. Ulasan Biblis Spiritual kali ini mengajak kita merenungkan pesan Sabda Tuhan, khususnya amanat Yesus kepada para murid-Nya sebelum berpisah dengan mereka. Amanat Yesus tersebut menjadi fokus perhatian permenungan kita ini karena isinya senantiasa relevan dari waktu ke waktu termasuk di zaman kita ini. Salah satu amanat ini Yesus yakni perlu kesiapan mental dan batin kita untuk dibenci karena Nama dan kehendak Tuhan yang diupayakan.

Tuhan menyadari berdasarkan fakta sejarah bahwa realita dibenci oleh dunia merupakan salah satu konsekuensi para pengikut Tuhan yang mengupayakan hadirnya Kerajaan Allah di dunia: “Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang mengutus Aku.” Yesus sendiri dibenci bukan karena Dia berbuat jahat tetapi karena perbuatan baik dan luhur yang dilakukan-Nya. Dia dibenci oleh kaum terkemuka yang merasa ‘terganggu’ dengan kehadiran Tuhan karena faktor kepentingan mereka yang bertentangan dengan ajaran dan kehendak Tuhan. Dia dibenci oleh rakyat yang mudah terhasut oleh karena kurangnya ‘daya filter’ dalam diri guna membedakan antara: yang benar dan yang palsu; yang sejati dan yang sementara.

Maka alarm Yesus tersebut bertujuan mempersiapkan batin para murid-Nya termasuk kita agar tak gentar menghadapi situasi demikian karena Roh Kebenaran akan setia berkarya menolong kita. Kisah hidup dan karya Para Rasul yang diperdengarkan kepada kita sepanjang masa Paskah ini membuktikan kebenaran kata-kata Yesus ini. Mereka mengalami banyak tantangan dan kesulitan namun Roh Kebenaran Allah senantiasa menyertai, melindungi dan menguatkan mereka sehingga karya penyebaran Injil semakin meluas ke berbagai penjuru dunia.

Maka amanat Tuhan ini menjadi suatu ajakan bagi kita juga untuk merenungkan suka duka hidup kita sebagai misionaris-misionaris Tuhan, khususnya pengalaman ‘dibenci’, dipojokkan bahkan diancam hanya karena hal-hal luhur yang kita upayakan. Refleksi ini bukan dimaksudkan untuk mengungkit pengalaman-pengalaman pahit kita apalagi menyuluh sisi emosi manusiawi kita. Bukan. Kita mau menyelami dan menemukan kebenaran janji Tuhan akan karya kehadiran dan penyelenggaraan Roh Tuhan dalam pengalaman kita juga sebagai rasul-rasul Tuhan.

Karena permenungan demikian membuat kita semakin diteguhkan dan diyakinkan bahwa Roh Allah, yang dijanjikan Yesus kepada para murid-Nya, benar-benar hadir dan berkarya dalam hidup dan karya kerasulan kita juga. Dengan demikian kita semakin bertumbuh dalam iman kita kepada Tuhan andalan kita. Kita pun semakin terdorong untuk turut menyebarluaskan Kabar Kebenaran Tuhan bukan semata bertumpu pada pengetahuan akademis tentang Tuhan tetapi berbasis pengalaman konkret yang kita alami.

Selamat merenung, Tuhan memberkati.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesetiaan para diakon: Semoga para diakon, dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Maria Bunda Keteguhan Hati: Semoga di tengah kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s