Ketika ALLAH Menghembusi Kita dengan ROH KUDUS

Renungan Harian Misioner
Minggu, 31 Mei 2020
HARI RAYA PENTAKOSTA
Kis. 2:1-11; Mzm. 104: 1ab, 24ac, 29bc-30, 31, 34; 1Kor. 12:3b-7,12-13; Yoh. 20:19-23

Hari ini adalah Hari Pesta Mulia Pentakosta. Bersama dengan Natal dan Paskah, Pentakosta adalah Pesta Besar Gereja: kita rayakan dengan sepenuh jiwa dan raga.

Keb. 1:7: Dari Perjanjian Lama dikutip pernyataan iman, bahwa Roh Kudus memenuhi seluruh alam semesta. Disebutkan bagaimana Roh menyatukan segala sesuatu dan memahami komunikasi seluruhnya. Dengan demikian terungkapkan keilahian Roh Kudus, yang tidak terperi.

Kisah para Rasul 2:1-11: Menghidangkan peristiwa besar, yang mengagumkan, bila mengingat, bahwa belum sampai dua bulan sebelumnya, para Rasul dan murid-murid Yesus mengalami ketakutan dan depresi besar sekali, sampai tinggal berkanjang dalam “ruang” tertutup terus menerus. Kunjungan Yesus Kristus, yang terbangkitkan tidak juga melepaskan mereka dari kekhawatiran, kalau-kalau bahaya maut akan menimpa mereka. Hanya kekuatan dari Roh Kudus, yang menguatkan mereka. Maka dari sanalah kita memetik Sakramen Penguatan.

1Kor. 12:3b-7.12-13: Mengajak kita menyadari, betapa Gereja merupakan Paguyuban Orang Beriman, dan bukan sekedar gerombolan orang atau perkumpulan, yang sesekali kumpul, untuk ramah tamah. Dalam Kis. 2:41-47 juga memperlihatkan, bagaimana sejak awal, persekutuan mereka mengandung daya fisik, kultural, ekonomis, politis, tetapi terutama spiritual. Paulus meringkaskannya menjadi: “Kita semua dibaptis untuk menjadi satu tubuh dalam satu Roh”. Ini memperkaya, sesudah “Tubuh Kristus”, dalam arti “Sakramen Mahakudus”. Betapa kaya Gereja kita!

Yoh. 20:19-23: Bacaan Injil ini memberi jiwa mendalam kepada kisah yang penuh gegap gempita dalam Pentakosta menurut Kisah para Rasul. Sebab, Yohanes mengisahkan, bahwa Tuhan Yesus Kristus, yang oleh Bapa baru dibangkitkan, menggemakan apa yang terjadi dalam Kitab Kejadian “Allah menghembus… sehingga manusia hidup…” Sesudah dosa ditebus, maka Yesus Yang Dibangkitkan Bapa telah menghembusi para Rasul dengan Roh Kudus, dan menjanjikan untuk mendampingi para Rasul sampai “Ia datang Kembali”. Terjadilah “Hidup Baru”. Dengan peristiwa itu pula, dikaruniakan Sakramen Belaskasih, yang mencerminkan Penebusan, yakni “memulihkan hubungan Allah Mahacinta dengan manusia pendosa”.

REFLEKSI KITA: Pentakosta merupakah bagian penting dari seluruh “penguatan Roh kepada Alam semesta, seluruh umat manusia dan orang beriman”. Pentakosta merupakan publikasi dari dijiwainya Paguyuban Umat Beriman oleh Roh Ilahi, yang sejak Kitab Kejadian sudah senantiasa melingkup segala sesuatunya, menampakkan Penyelenggaraan Bapa dalam sejarah serta pelaksanaan Cinta Belaskasih Putera dalam merangkum segalanya. Kita mengimaninya pula sekarang. Marilah kita berdoa: “Kemuliaan kepada Bapa, dan Putera dan Roh Kudus”.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesetiaan para diakon: Semoga para diakon, dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Maria Bunda Keteguhan Hati: Semoga di tengah kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s