Surat Bapa Suci Paus Fransiskus Kepada Presiden Republik Columbia Dalam rangka Hari Lingkungan Sedunia

Kepada

Yang Mulia Iván Duque Márquez

Presiden Republik Columbia

 

Saya senang menyambut Anda, para penyelenggara dan para peserta Hari Lingkungan Sedunia, yang akan diadakan secara langsung tahun ini di Bogotá, tetapi karena pandemi Covid-19 akan diadakan secara virtual. Situasi yang penuh tantangan ini mengingatkan kita bahwa dalam menghadapi kesulitan, namun jalan baru selalu terbuka agar kita dipersatukan sebagai keluarga umat manusia yang besar.

Perlindungan lingkungan dan penghargaan terhadap keanekaragaman hayati planet ini adalah masalah yang mempengaruhi kita semua. Kita tidak bisa berpura-pura sehat di dunia yang sakit. Luka yang ditimbulkan di bumi ibu kita adalah luka yang juga berdarah di dalam diri kita. Merawat ekosistem menuntut pandangan ke masa depan, sesuatu yang tidak hanya berkaitan dengan momen sesaat atau yang mencari keuntungan cepat dan mudah, tetapi lebih pada perhatian terhadap kehidupan dan yang berupaya menjaga kelestariannya demi kepentingan semua orang.

Sikap kita terhadap keadaan planet kita memang seharusnya membuat kita prihatin dan menyaksikan gawatnya situasi saat ini. Kita tidak bisa tetap diam dan baru berteriak terkejut ketika kita menyadari biaya yang sangat tinggi dari kerusakan dan eksploitasi ekosistem. Ini bukan saatnya untuk terus mencari cara lain, acuh tak acuh terhadap tanda-tanda bahwa planet kita dijarah dan dilanggar oleh keserakahan demi keuntungan, yang sering mengatasnamakan kemajuan. Kita memiliki kesempatan untuk membalikkan arah, untuk berkomitmen pada dunia yang lebih baik, lebih sehat, dan mewariskannya kepada generasi mendatang. Semuanya tergantung pada kita, jika kita benar-benar menginginkannya.

Baru-baru ini kita merayakan ulang tahun kelima Surat Ensiklik Laudato Si’, yang menarik perhatian kita pada seruan bahwa ibu pertiwi. Saya juga akan mengundang Anda semua untuk berpartisipasi dalam Tahun khusus yang telah saya umumkan untuk merefleksikan dokumen itu dan, bersama-sama, untuk menjadi lebih berkomitmen pada perawatan dan perlindungan rumah kita bersama, dan saudara-saudara kita yang paling rentan dan terpinggirkan serta saudari-saudari di masyarakat.

Saya mendorong Anda dalam tugas yang ada di hadapan Anda. Saya percaya bahwa pertimbangan dan kesimpulan Anda akan selalu mendorong pembangunan dunia yang semakin layak huni dan masyarakat yang lebih manusiawi, di mana kita semua memiliki tempat dan tidak akan ada satupun yang pernah ditinggalkan.

Saya mohon agar Anda berdoa untuk saya. Semoga Yesus memberkati Anda dan Santa Perawan melindungi Anda.

 

Dari Vatikan, 5 Juni 2020

Fransiskus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s