Dibutuhkan Kehadiran Relawan Untuk Pemulihan Dari Pandemi

Pada Hari Raya Tritunggal Mahakudus, Gereja Irlandia mengundang seluruh umat beriman untuk maju dan membantu Gereja “mengelola transisi” menuju kehidupan paroki secara penuh dan perayaan Sakramen-sakramen.” Terima kasih khususnya kepada para operator sanitari “yang dalam periode ini” telah memberi kesaksian “kelembutan kasih Allah”.


Mgr. Eamon Martin, Uskup Agung Armagh bersama primate (pengurus) Gereja seluruh Irlandia kemarin pada waktu merayakan Hari Raya Tritunggal Mahakudus menggarisbawahi, bahwa relawan dibutuhkan.  Hari ini dan juga sebelumnya relawan dibutuhkan untuk kelanjutan penuh kehidupan paroki dan perayaan sakramen-sakramen. Dalam homilinya, prelatus mengingat kesulitan yang dialami umat Katolik karena penangguhan perayaan liturgi umum, penangguhan karena langkah-langkah keamanan anti-penularan dari coronavirus.

Undangan Primate Kepada Umat Beriman

Mengingat dimulainya kembali Misa dengan melibatkan umat, yang dijadwalkan 29 Juni, Wali Gereja Irlandia mengundang semua umat beriman untuk bertanggung jawab dan berkerjasama: “Kita perlu – katanya – sukarelawan untuk membantu kita membersihkan gereja, membaca Firman, dalam pelayanan Ekaristi dan dalam peran dan tanggung jawab lain yang mungkin tidak dapat dimainkan oleh beberapa anggota lama kita sekarang. Selanjutnya Prelatus mengatakan: “Saya mengundang anggota yang lebih muda dari paroki kita untuk maju membantu kami mengelola transisi menuju kehidupan paroki yang penuh dan perayaan sakramen”.

Tanggung Jawab dan Kepatuhan Terhadap Pedoman Anti-Penularan

“Kita tahu – yang digarisbawahi Uskup Agung Martin – bahwa kita semua harus tetap bertanggung jawab dalam membantu mengendalikan penularan Covid-19, melalui jarak sosial, kebersihan yang baik, dan terus mematuhi protokol kesehatan dalam perjalanan dan pertemuan”. Ini adalah “proses yang rapuh”, kata prelatus itu, dan “hanya jika kita terus bekerja bersama, jumlah kasus positif dapat dikurangi pada tingkat yang dapat dikelola untuk layanan kesehatan kita dan bagi mereka yang merawat kita.”. “beliau menambahkan: “Saya mengimbau seluruh umat kita untuk bersabar dan memahami dan bekerja sama untuk membantu kita menghormati pedoman Gereja”.

Terima Kasih Kepada Petugas Kesehatan, Saksi Kelembutan Tuhan

Pada saat yang sama, Primata Irlandia menyatakan rasa terima kasihnya kepada semua “petugas kesehatan yang pada periode ini. Mereka telah melayani tanpa lelah dan tidak mementingkan diri sendiri, dan telah memberikan kesaksian akan kelembutan kasih Allah”. “Kami sangat sadar – tambah prelatus – bahwa virus itu menghancurkan perekonomian, menghancurkan alat-alat penghidupan dan membawa rasa sakit yang tak terkatakan kepada keluarga-keluarga yang orang-orang yang dikasihinya meninggal, dalam banyak kasus tanpa kedekatan fisik yang ingin kami berikan kepada mereka.” Untuk keluar dari pandemi ada banyak hal yang harus kita lakukan, kata Uskup Agung Armagh memperingatkan, “Kita perlu melihat kasih Allah dan Roh Kudus yang selalu menghibur dan memberikan kekuatan kepada kita semua, untuk menentukan jalan keluar yang ditumbulkan oleh virus corona ini. Sebuah kehidupan dalam keluarga.”

 

Isabella Piro – Vatican News
Terj. YH BN-KKI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s